10 Fakta Aero Aswar, atlet jetski tampan Indonesia di Asian Games 2018

10 Fakta Aero Aswar, atlet jetski tampan Indonesia di Asian Games 2018

262

Selain beberapa cabang olahraga yang telah diprediksi mendulang emas bagi Indonesia seperti bulu tangkis, atletik, dan wushu, ternyata Indonesia pun menargetkan mendapat setidaknya satu medali emas dari cabang olahraga jetski dalam Asian Games tahun ini.

Harapan itu berada di pundak atlet jetski nasional kita, Aero Aswar. Atlet berumur 23 tahun ini adalah atlet jetski kebanggaan Indonesia yang telah mengantungi beberapa gelar juara di kompetisi tingkat dunia. Tidak hanya terlihat menawan saat beraksi di atas air, sosoknya yang tampan pun banyak mengundang decak kagum orang di kesehariannya.

Ingin tahu lebih dalam tentang atlet keren satu ini? Yuk, kita lihat faktanya satu per satu!

1. Mulai main jetski sejak umur 3 tahun

View this post on Instagram

“hi people”

A post shared by Aero Aswar (@aeroaswar) on

Lahir di Jakarta pada 4 Desember 1994, Aero mulai belajar mengendarai jetski sejak umurnya masih 3 tahun! Piala pertamanya ia dapatkan pada usia 4,5 tahun setelah memenangkan Baby Race, kompetisi jetski untuk anak 4-8 tahun di Jakarta.

Hal itu tak lepas dari dukungan sang ayah sekaligus mentornya, Fully Aswar yang kini juga menjabat sebagai Ketua Umum Indonesia Jetsport Boating Association.

2. Jadi atlet profesional di usia 14 tahun

View this post on Instagram

😂

A post shared by Aero Aswar (@aeroaswar) on

Di umur 14 tahun Aero menjadi atlet jetski profesional yang berlaga di kompetisi seluruh dunia dan pada usia 16 tahun ia tercatat sebagai pembalap jetski termuda dunia di kelas Pro dan Grand Prix.

Di tahun 2012, ia juga dinominasikan sebagai atlet muda terbaik mewakili murid-murid SMA di seluruh Indonesia untuk mendapat penghargaan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga.

3. Memecahkan rekor dan menjadi juara dunia

View this post on Instagram

Quality over quantity #asiangames2018 🇮🇩

A post shared by Aqsa Aswar (@aqsaaswar) on

Pada Grand Prix Runabout 2013, sebuah kompetisi jetski bergengsi di dunia, ia pernah mencatatkan rekor start tercepat, 56,7 detik. Di tahun berikutnya, ia berhasil memenangkan kompetisi tersebut dan menjadi juara dunia.

Selain menjadi juara dunia balap Jetski Pro Runabout 2014, ia juga berhasil meraih medali emas di Asian Beach Games 2010 dan 2014 serta menjadi Juara umum P1 AquaX World Championship 2016.

4. Punya adik yang juga atlet jetski

Dalam berbagai kompetisi jetski yang mewakili nama Indonesia, Aero kerap terlihat bersama dua atlet jetski Indonesia rekannya, yaitu Muhammad Farizi serta Aqsa Aswar yang merupakan adik kandungnya.

Selain tidak kalah ganteng, Aqsa juga tidak kalah berprestasi, lho. Atlet berumur 20 tahun ini pernah meraih posisi juara pertama di kategori Pro Runabout Limited dan Expert Runabout Limited dalam kejuaraan jetski Canadian Watercross Nationals di Belle River, Ontario, Kanada.

5. Keturunan pahlawan kemerdekaan

Aero dan Aqsa merupakan cucu dari Sutan Aswar, salah seorang pejuang kemerdekaan dan perintis Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) serta orang pertama yang menciptakan bensin pesawat (AFTUR) di Indonesia pada tahun 1947.

6. Jago taekwondo

View this post on Instagram

sometimes peace is better than being right

A post shared by Aero Aswar (@aeroaswar) on

Selain jetski, Aero juga menekuni olahraga taekwondo dan bahkan memiliki sabuk hitam dalam olahraga bela diri tersebut. Wah, tak cuma jago beraksi di atas air tapi juga di darat ya?

7. Pecinta tato

View this post on Instagram

a good life is a life

A post shared by Aero Aswar (@aeroaswar) on

Aero mengoleksi beberapa tato di tubuhnya. Yang paling mencolok adalah tato besar di punggungnya berupa sosok pria bersayap malaikat. Selain tato tersebut, ia juga punya tato bertuliskan “Stay gold”, simbol Sagittarius, logo Olimpiade, kapal terbang (tribute to his grandpa?), dan burung phoenix.

8. Hobi traveling

View this post on Instagram

15 years of friendship

A post shared by Aero Aswar (@aeroaswar) on

Seperti anak muda lainnya, bila tidak sedang latihan atau berkompetisi, Aero juga gemar traveling ke berbagai negara dan datang ke festival musik seperti Coachella bersama teman-teman satu squad-nya.

9. Bersahabat dengan Chelsea Islan

View this post on Instagram

when was this? #tb

A post shared by Aero Aswar (@aeroaswar) on

Dalam salah satu post di Instagram terungkap bahwa Aero telah menjalin persahabatan selama 15 tahun dengan aktris Chelsea Islan. Keduanya terlihat begitu akrab dan bahkan ada satu komentar yang “menuduh” keduanya berpacaran, walaupun caption fotonya sudah jelas menyebut mereka hanya sebatas berteman baik.

10. Bertanding di tiga nomor

Di Asian Games 2018, Aero akan turun di tiga nomor lomba jetski: Runabout 1000, Open Ski, dan Runabout Endurance. Cabang olahraga jetski sendiri akan dipertandingkan di Jet Ski Indonesia Academy di Pantai Ancol, Jakarta dari hari Kamis 23 Agustus hingga Minggu, 26 Agustus 2018 dengan harga tiket Rp100.000.

Kita doakan baik Aero maupun atlet jetski Indonesia lainnya mampu memberikan hasil yang terbaik dalam pesta olahraga ini. God speed!

(Image: dok. Instagram @aeroaswar)

Sumber Cosmopolitan Indonesia

Share it