10 Makanan Malaysia yang harus Anda coba

10 Makanan Malaysia yang harus Anda coba

392

Malaysia adalah sebuah negara dengan percampuran budaya yang sangat kental, ada Melayu, Tionghua, dan India. Maka dari itu, tidak heran bahwa makanan di Malaysia sangtlah unik dan beragam, karena ini tempat di mana beberapa budaya melakukan kawin silang terhadap makanan juga. Jika Anda mengunjungi Malaysia, jangan pernah lupa untuk mencicipi makanan-makanan ini.

Nasi Lemak

Nasi lemak, hampir mirip dengan nasi uduk khas Indonesia. Akan tetapi nasi santan dengan ayam goreng renyah, acar, sambal ikan asin dan sepotong telur ini memiliki ciri khas tersendiri. Jika Anda mengunjungi Malaysia, coba datangi restoran Madam Kwan untuk mendapatkan satu piring nasi lemak yang tidak akan dapat Anda lupakan.

Laksa Penang

Bakmi berwarna putih licin dicampur dengan kuah gurih hasil dimasak bersama potongan ikan tuna ini adalah makanan khas kota Penang. Makanan khas Malaysia satu ini sangat mudah Anda dapatkan di mana saja ketika Anda mengunjungi kota Penang di Malaysia.

Roti Canai

Oleh karena percampuran budaya, orang India membawa sedikit dari tradisi mereka yang sudah berbaur dengan tradisi lokal Malaysia. Roti dengan harga yang sangat ekonomis ini dapat Anda nikmati dengan susu kental manis ataupun kari khas India di kedai-kedai India peranakan di sepanjang jalan kota Kuala Lumpur.

Roti Tissue

Roti adalah karbohidrat paling penting bagi orang India, dan tidak dapat berbohong, rasa semua roti dari India sangatlah enak! Roti tissue memiliki tekstur yang hampir sama dengan roti canai, namun roti tissue ini berbentuk segitiga besar ke atas, hampir mirip dengan tissue yang ditarik dari kotaknya, rasanya, jangan ditanya!

Mee Kolok

Memang sedikit jarang yang menjual mie kolok ini di kota Kuala Lumpur, namun Mie Kolok adalah makanan khas Malaysia yang berasal dari daerah Sarawak. Bakmi lembut dengan potongan daging-daging yang sangat banyak dan harum ini, aromanya dapat mengundang Anda bahkan dari kejauhan. Anda juga dapat menikmatinya di pujasera di Kuala Lumpur bernama Asia Cafe yang terletak di Subang Jaya.

Sago Gula Melaka

Gula dari palam, mutiara sagu, santan, dan krim dari putih telur ini merupakan makanan manis yang menjadi kebanggaan negara Malaysia, sangat sayang jika Anda pulang sebelum mencoba.

Maggi Goreng

Maggi Goreng mendapatkan reputasi sebagai drunk food. Tetapi sebenarnya, makanan ini adalah makanan setiap saat oleh karena harganya yang sangat ekonomis. Tidak heran jika aroma dari Mie instan yang dimasak dengan rempah-rempah khas India ini dapat membuat siapapun lapar baik pagi, siang maupun malam.

Teh Tarik

Teh tarik terkenal di Hong Kong, di Thailand, dan di manapun. Tetapi, tidak ada yang dapat mengalahkan nikmatnya rasa teh tarik yang Anda nikmati pada pagi hari di kedai kecil percampuran India di Malaysia. Terlebih, harganya sangatlah murah.

Ayam Masak Lemak Cili Api

Proses memasak ayam dengan kunyit, bawang merah, jahe, cabai dan santan mungkin terlihat biasa bagi Anda. Namun mungkin Anda akan merasa penasaran dengan ayam masak lemak cili padi yang dimasak dengan ikan asin ini. Rasanya benar-benar berbeda dari masakan ayam yang lainnya.

Butter Chicken

Berbeda dengan butter chicken khas India, makanan percampuran India dan Melayu ini menghasilkan butter chicken yang dimasak dengan lebih menyesuaikan selera orang Asia tenggara. Ayam goreng garing yang disiram saus kental manis, asin dan gurih dapat membuat Anda lapar seketika. Anda dapat mencobanya di Butter Chicken SS15 di Subang Jaya.

Source: Her World

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini!

Baca juga:
Selain keramas, berikut tips agar rambut tidak lepek
10 Model kemeja terkeren dari spring/summer 2017
The Rock dan Jimmy Fallon berlomba untuk dicintai fans