10 Manfaat semangka untuk kesehatan Anda

10 Manfaat semangka untuk kesehatan Anda

535

Buah semangka mengandung banyak air dan memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Namun, apa manfaat bagi kesehatan jika memakan semangka secara rutin? Berikut sepuluh alasan yang membuat Anda ingin memakan buah ini setiap hari.

1. Menurunkan tekanan darah
Semangka ternyata sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah, khususnya bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Efeknya sangat baik untuk mengatasi tekanan yang terlalu berat pada pembuluh darah di jantung.

2. Mengatasi sembelit
Karena mengadung serat dan air yang sangat tinggi, memakan semangka bisa mengatasi masalah sembelit terutama jika memang kekurangan serat dalam usus.

3. Berperan penting pada sel-sel dalam tubuh
Kandungan senyawa kolin dalam semangka berfungsi untuk menjaga keseimbangan otot tubuh, menciptakan efek rileks dalam tubuh, memperbaiki sistem saraf otak, menyeimbangkan kesehatan sel, dan membantu proses penyerapan lemak dalam tubuh.

4. Mengatasi nyeri otot
Senyawa asam amino citruline yang ditemukan dalam semangka memiliki efek yang sangat baik untuk meredakan nyeri otot. Senyawa ini mampu membuat otot tubuh menjadi lebih rileks dan meredakan ketegangan, sehingga efektif dikonsumsi para atlet.

5. Sumber kolagen alami
Kolagen merupakan senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga elastisitas kulit. Semangka kaya akan vitamin C yang membantu tubuh menyerap kolagen sehingga kulit menjadi lebih lebut dan terpelihara.

6. Memelihara kesehatan jantung dan tulang
Senyawa likopen dalam semangka membantu memperlancar aliran darah dalam jantung lebih maksimal, guna mengurangi tingkat oksidatif pada pembuluh darah yang sering menyebabkan serangan jantung. Senyawa tersebut juga efektif membentuk kepadatan tulang sehingga mencegah osteoporosis.

7. Melancarkan urin
Jika memiliki masalah dengan saluran diuretik dan ginjal, semangka bisa menjadi andalan sebagai terapi alami. Kandungan air yang sangat tinggi dapat meningkatkan aliran urin dalam tubuh.

8. Memelihara kesehatan mata
Semangka kaya akan vitamin A dan beta karoten yang membantu memelihara kesehatan retina dan lensa mata, sehingga mencegah penyakit katarak serta rabun karena bertambahnya usia.

9. Mencegah impotensi
Senyawa citruline yang bisa dirubah menjadi arginin oleh ginjal berperan besar untuk mencegah masalah disfungsi ereksi pada laki-laki. Untuk kesuburan, mengonsumsi semangka mampu meningkatkan gairah seksual dan meningkatkan libido.

10. Mencegah pembentukan lemak
Dengan mengonsumsi buah semangka secara teratur, maka tubuh akan terhindar dari berbagai jenis penyakit yang disebabkan karena makanan yang mengandung lemak dan zat asam lainnya.

Source: Her World Indonesia

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM melalui streaming di sini, atau download melalui iOS dan Google Play Store!

Baca juga:
7 Produk kecantikan berpalet cokelat
Koleksi Haute Couture Dior
Filosofi Kopi 2: Ben & Jody siap menghibur Anda!