11 Fakta menarik tas birkin yang tak umum diketahui

11 Fakta menarik tas birkin yang tak umum diketahui

163

Sudah umum diketahui jika seri tas Birkin dari Hermès diambil dari nama Jane Birkin, yaitu seorang ikon mode Prancis. Selain hal tersebut, sejumlah fakta lainnya mungkin tak banyak yang tahu. Berikut untuk menjawab rasa penasaran Anda.

Dibutuhkan 48 jam untuk membuat sebuah tas Birkin.
Semua Birkin dibuat oleh seorang artisan di workshop Hermès.

Terdapat sejumlah (kurang lebih) 200.000 Birkin dalam sirkulasi.
Hermès tak lagi melayani pemesanan khusus untuk tas ini. Pelanggan harus menunggu produksi Birkin (dalam warna tertentu) untuk sampai di butik.

Anda bisa menyewa Birkin selama satu minggu.
Jika Anda tergolong commitment phobic (atau hanya sekadar ingin mencoba), sebuah website e-commerce di New York bernama VillageLuxe, menginjinkan proses ini. Sewa Birkin bisa didapatkan dengan harga $295 (sekitar Rp. 4.000.000) per-minggu. Setelah itu, Anda dapat memutuskan hendak mengembalikan atau membelinya.

Tas ini awalnya didesain di atas kantung mabuk udara.
Saat CEO Hermès duduk bersebelahan dengan Jane Birkin dalam satu pesawat (di tahun 1983), ia menyaksikan seluruh barang yang tumpah ruah dari dalam tas ikon mode tersebut. Ia kemudian menawarkan pembuatan tas tangan ideal bagi Jane, dan kemudian bersama merencanakan sketsa di belakang kantung mabuk udara.

Jane Birkin hanya memiliki lima tas Birkin.
Ia menggunakan tas ini satu demi satu hingga rusak. Selain itu, Jane juga terkenal gemar menghias tasnya dengan stiker, pin, dan manik-manik.

Birkin merupakan investasi yang lebih baik dibandingkan pasar saham.
Penelitian menunjukkan bahwa Birkin langka rata-rata memiliki 14.2% profit tahunan pada beberapa dekade terakhir yang mengalahkan S&P 500 index dan harga emas.

Tas ini tak selalu populer.
Tas ini baru memulai fenomenanya saat konsep “it bag” di era ’90-an sedang memuncak. Victoria Beckham dikabarkan memiliki lebih dari 100 Birkin.

Harga Birkin dimulai sekitar $ 8.500 (Sekitar Rp. 114.000.000).
Jumlah tersebut merupakan harga Birkin kulit dengan hardware polos. Ketika Samantha (karakter film seri Sex and the City) mencoba membeli tas ini (di episode tahun 2001), disebutkan bahwa Birkin kulit memiliki harga sekitar $ 4.000 (Rp. 54.000.000).

Tas Birkin kosong dapat memiliki berat 0.91 kg.
Memang terdengar tak seberapa, namun bayangkan ketika Anda menambahkan handphone, dompet, kunci, hingga makeup pouch.

Birkin dinamakan sesuai dengan ukuran, warna, dan tekstur.
Contohnya Hermès 25 Birkin Bag Togo berarti sebuah Birkin dengan lebar 25 cm yang dibuat dari grainy togo leather (togo, epsom, clemence, dan chèvre merupakan jenis-jenis kulit yang digunakan).

Artikel ini disadur dari Harper’s Bazaar UK

(Alih Bahasa: Ardhana Utama, Foto: Courtesy of Hermès)

Source: Harpers Bazaar Indonesia

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM melalui streaming di sini, atau download melalui iOS dan Google Play Store!

Baca juga:
Cara tetap bugar saat liburan ala Shay Mitchell
Fakta menarik yang bikin wanita karier semangat kerja!
Cara bersihkan kuas makeup seperti pro (mudah, kok!)