15 Film legendaris yang HARUS Anda tonton

15 Film legendaris yang HARUS Anda tonton

775

Anda pasti pernah menonton film Titanic atau Pretty Woman, tapi apakah Anda tahu film-film jadul lainnya yang tidak kalah keren? Generasi millenial atau bukan, film-film legendaris berikut ini patut ditonton!

Dengan berbagai genre seperti horor, romansa, atau drama, Anda pasti akan dibuat jatuh cinta. Ini dia 15 film lama nan legendaris yang menurut Cosmo Anda harus tonton! Oya, film-film trilogi dan kartun tidak dimasukkan ke daftar ini, so tunggu list Cosmo selanjutnya, ya!

1. Psycho (1960)

8.5/10 IMDb  |  96% Rotten Tomatoes

“A boy’s best friend is his mother.”

Film pionir yang bergenre slasher ini diproduksi oleh Alfred Hitchcock yang dikenal sebagai sang Master of Suspense. Psycho telah dinobatkan oleh kritikus film internasional sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa, dengan plot-nya tentang seorang pemilik motel yang memiliki gangguan jiwa bernama Norman Bates.

2. Pulp Fiction (1994)

8.9/10 IMDb  |  94% Rotten Tomatoes

“Don’t you hate that? Uncomfortable silences. Why do we feel it’s necessary to yak about b*llsh*t in order to be comfortable?”

Film yang banyak kaum penggemarnya ini bercerita seputar kehidupan dua pembunuh bayaran, seorang petinju, istri seorang kriminal, dan beberapa karakter menarik lainnya. Banyak lagu dan film modern yang memakai kutipan dan adegan Pulp Fiction sebagai referensi, lho.

3. Forrest Gump (1994)

8.8/10 IMDb  |  72% Rotten Tomatoes

“My momma always said, life was like a box full of chocolates. You never know what you’re gonna get.”

Tom Hanks memenangkan sebuah piala Oscar untuk perannya sebagai Forrest Gump yang lamban di drama lucu ini. Jika Anda pernah menyantap seafood di Bubba Gump Shrimp di Bali, guess what? Konsep restoran tersebut didapat dari film ini!

4. Shawshank Redemption (1994)

9.3/10 IMDb  |  91% Rotten Tomatoes

“Get busy living, or get busy dying.”

Aktor Tim Robbins dan Morgan Freeman membintangi sebuah drama tentang pertemanan dan pertobatan di belakang jeruji sebuah penjara. Film yang diangkat dari buku Stephen King ini memiliki sinematografi yang indah dan cerita yang amat menginspirasi.

5. Scent of a Woman (1992)

8/10 IMDb  |  88% Rotten Tomatoes

“If you’re tangled up, just tango on.”

Al Pacino patut diacungi jempol untuk aktingnya sebagai seorang pensiunan tentara buta yang berkarisma namun kasar dan sinis. Kisah drama yang mengesankan ini akan membuat hati Anda bergejolak akan rasa senang, sedih, amarah, dan haru.

6. The Shining (1980)

8.4/10 IMDb  |  88% Rotten Tomatoes

“All work and no play makes Jack a dull boy.”

Penggemar berat serial Friends pasti mengingat adegan di mana Joey memberitahu Rachel bahwa The Shining oleh Stephen King adalah buku paling menyeramkan yang pernah ada. Meski film Stanley Kubrick memang tidak secanggih film horor zaman sekarang, movie fans pasti tahu bahwa The Shining adalah sebuah film yang patut ditonton.

7. Fight Club (1999)

8.8/10 IMDb  |  79% Rotten Tomatoes

“The first rule of Fight Club is: you do not talk about Fight Club.”

Film yang dimainkan oleh Edward Norton dan Brad Pitt ini bercerita tentang seorang pria bermasalah yang bertemu dengan seorang salesman tampan, dan bagaimana kehidupnya berubah setelah itu. Pssst…dengan plot twist yang mengherankan, Anda pasti akan menontonnya lagi!

8. Grease (1978)

7.2/10 IMDb  |  78% Rotten Tomatoes

“The only man a girl can depend on is her daddy.”

Versi Cosmo, inilah film musikal paling sukses sepanjang masa! Cosmo suka banget cara berpakaian John Travolta dan Olivia Newton-John di Grease. Dengan kisah seputar kehidupan anak remaja tahun 1950-an dan lagu-lagu disko yang catchy, ini film cheesy yang patut ditonton berulang-ulang.

9. Top Gun (1986)

6.9/10 IMDb  |  55% Rotten Tomatoes

“I feel the need…the need for speed.”

Meskipun rating-nya rendah, tapi Top Gun-lah yang menaikkan popularitas Tom Cruise. Di film tersebut, ia menjadi Maverick, seorang pilot tempur sombong yang jatuh cinta dengan instruktornya yang cantik. Original soundtrack-nya yang berjudul Take My Breath Away memenangkan Academy Award dan Golden Globe Award untuk Best Original Song, lho!

10. Schindler’s List (1993)

8.9/10 IMDb  |  96% Rotten Tomatoes

“Whoever saves one life, saves the world entire.”

Salah satu kreasi terbaik Steven Spielberg ini berdasarkan hidup seorang pria Jerman bernama Oskar Schindler (Liam Neeson), yang berhasil menyelamatkan ribuan pengungsi Yahudi ketika bencana Holocaust berlangsung pada tahun 1939. Peringatan: siapkan sekotak tisu sebelum menonton!

11. The Breakfast Club (1985)

7.9/10 IMDb  |  89% Rotten Tomatoes

“We’re all pretty bizarre. Some of us are just better at hiding it, that’s all.”

Drama-komedi yang unik ini bercerita tentang lima anak sekolah yang mengungkapkan karakter masing-masing ketika kepala sekolah yang menyebalkan mengurung mereka di perpustakaan. Saking terkenalnya, The Breakfast Club diputar ulang di 430 bioskop untuk merayakan ulang tahun ke-30 tahun 2015 lalu.

12. Donnie Darko (2001)

8.1/10 IMDb  |  85% Rotten Tomatoes

“Destruction is a form of creation.”

Jake Gylenhaal memainkan karakter seorang pemuda yang dimanipulasi oleh bayangan seekor kelinci raksasa yang menyeramkan di film bergenre science fiction ini. Ending film ini akan membuat Anda berpikir dua kali – dan meskipun ada unsur romansa dan komedi, film ini bukan untuk anak-anak, ya!

13. Dirty Dancing (1987)

6.9/10 IMDb  |  72% Rotten Tomatoes

“Nobody puts Baby in a corner.”

Patrick Swayze dan Jennifer Grey beradu peran dalam film drama romansa yang tidak tergantikan. Chemistry Johnny Castle dan Baby memang sangat terlihat, dan dance move khas dari salah satu adegan terakhir mereka akan selalu diingat penonton. Rest in peace, hottie Patrick Swayze.

14. The Rocky Horror Picture Show (1975)

7.4/10 IMDb  |  80% Rotten Tomatoes

“I see you shiver with antici…pation.”

Di film komedi-horor yang klasik ini, sepasang kekasih terjebak dalam sebuah rumah besar milik seorang ilmuwan transvestite yang sedang menciptakan kreasi terbarunya – seorang pria berotot bernama Rocky. Jika Anda suka musikal dan film aneh, The Rocky Horror Picture Show yang penuh tarian asing dan lagu-lagu rock ini akan menjadi favorit Anda.

15. American Beauty (1999)

8.4/10 IMDb  |  88% Rotten Tomatoes

“It’s a great thing when you realize you still have the ability to surprise yourself.”

Seorang ayah yang bosan dengan kehidupannya mengalami krisis ketika ia jatuh cinta dengan sahabat anak perempuannya yang seksi. Film yang menjadi topik pembicaraan tahun ini memenangkan 5 Academy Awards dan puluhan penghargaan lainnya pada tahun 2000, termasuk gelar Best Actor tahun itu yang diberikan kepada Kevin Spacey. (Kezia Calesta / VP / Image: doc. outnow.ch / GIPHY.com)

Honorable Mentions:

Gone with the Wind (1939), The Sound of Music (1965), Breakfast at Tiffany’s (1961), One Flew Over the Cuckoo’s Nest (1975), Taxi Driver (1976), Se7en (1995), Goodfellas (1990), 2001: A Space Odyssey (1968), Trainspotting (1996), A Clockwork Orange (1971)

Source: Cosmopolitan Indonesia

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini!

Baca juga:
Pilihan tas mencerminkan kepribadian Anda
8 Makeover terbaik di film
8 Seleb mengungkap ketakutan terbesar mereka