4 Tren makeup terbaru dari M.A.C

4 Tren makeup terbaru dari M.A.C

401

Beberapa hari yang lalu Bazaar diundang oleh M.A.C Cosmetics untuk menyaksikan secara langsung realisasi makeup trend musim semi 2017 di gedung ekshibisi Art:1, Kemayoran, Jakarta Pusat. Sesampainya di sana, ruang hall yang berada di lantai tiga tersebut disulap layaknya sebuah makeup workshop bersama para media dan penata rias.

Nicole Thompson, sebagai M.A.C Senior Artist asal Australia, didaulat untuk melakukan presentasi sekaligus demontrasi riasan yang akan menjadi tren di musim semi ini. Ia terlihat sangat fasih menjelaskan mengenai pengalamannya saat menjadi bagian dalam perhelatan fashion week untuk Spring/Summer 2017. Apa saja empat look yang ditunjuk oleh Nicole?

1. REAL
Konsep riasan ini memang memiliki arti makeup ‘seada-adanya’ atau ‘sebenar-benarnya’. Diawali dari tampilan makeup bertajuk bare face pada runway Michael Kors, hingga permainan smudge yang dibiarkan berantakan agar menjadi smoky eyes seperti runway Fausto Puglisi dan Veronique Lerroy atau undone lipstick di pergelaran Molly Goddard.

Searah jarum jam dari kiri atas: Michael Kors Spring 2017, Veronique Leroy Spring 2017, Fausto Fuglisi Spring 2017, dan Molly Goddard Spring 2017. (Foto: Matteo Valle & Matteo Scarpellini/IMAXTREE.COM)

Nah, untuk mengikuti konsep makeup Real pada keseharian Anda, Nicole pun membuat riasan yang lebih ekspresif. Misalnya membubuhkan eyeliner smudge dengan basis gliterry, mengaplikasikan lip pencil berwarna bold hanya pada tengah bibir (kemudian dibaur ke tepian agar terlihat blurred out). sedangkan bagian pipi dapat diberi semburat segar menggunakan sisa warna dari bibir Anda.

Tampilan Real karya Nicole Thompson (Foto: Dok. Bazaar)

2. FREE
Spontan! Gaya riasan Free seolah ingin mendobrak sisi makeup konvensional dan mengesampingkan sejenak tentang cantik klasik. Aksinya lebih dinamis dengan permainan warna-warna vibran seperti pemulas bibir pada runway Thom Browne, atau permainan guratan kuas spontanitas di runway Max Mara. Ada pula sentuhan glamor yang masih dikemas fun lewat permainan blush on pada catwalk Kenzo atau sekadar memantulkan warna pastel dengan tambahan highlighter seperti milik runway Marques’ Almeida.

Serarah jarum jam dari kiri atas: Marques’ Almeida Spring 2017, Max Mara Spring 2017, Thom Browne Spring 2017, dan Kenzo Spring 2017. (Foto: Matteo Valle & Alessandro Viero/IMAXTREE.COM)

Nicole pun menciptakan riasan bertema bebas ini dengan mengambil warna biru elektrik pada kelopak mata, dan dibentuk grafis mata kucing. Nicole sendiri membocorkan rahasia bahwa ia mengaplikasikan dua warna biru yang berbeda, yakni light blue pada seluruh kelopak mata dan biru dengan satu shades lebih gelap pada area tengah mata. Hasilnya warna biru di mata model ini terlihat lebih berdimensi serta penuh statement.

Tampilan Free karya Nicole Thompson (Foto: Dok. Bazaar)

3. WET
Glossy look yang mulai mencuat tahun lalu, terbukti makin digemari pada tahun 2017. Dengan mengandalkan M.A.C Studio Eye Gloss, Anda dapat berekspresi dengan tampilan mengilap yang dibubuhkan pada area mata seperti runway Altuzarra atau menimpa lipstik layaknya runway Gareth Pugh. Efek kilat lainnya juga dapat dibuat dirancang lebih sederhana misalnya model di runway Marni dan Moncler.

Serarah jarum jam dari kiri atas: Altuzarra Spring 2017, Gareth Pugh Spring 2017, Marni Spring 2017, dan Moncler Spring 2017. (Foto: Ivan Lattuada, Alessandro Zeno & Matteo
Scarpellini/IMAXTREE.COM)

Tentu saja riasan wet look agak sulit diterapkan di Indonesia yang cenderung beriklim tropis dan panas. Oleh karena itu Nicole menyederhanakan konsep gloss menjadi lebih ringan, yaitu jatuh pada pilihan ekstra glowing pada kompleksi wajah. Sedangkan pada area mata diberi warna cokelat dengan teknik cat eyes, kemudian dibubuhi eye gloss agar ada kesan sedikit basah dan seksi. Nicole memberi tip khusus supaya Anda mengaplikasikan setting powder pada area yang mudah berminyak semisal dagu, dekat hidung, persis di atas alis, dan pelipis. Sisanya? Tonjolkan ilusi sempurna lewat permainan highligth yang tepat!

Tampilan Wet karya Nicole Thompson (Foto: Dok. Bazaar)

4. WARM
Ini adalah look yang paling feminin dari tren Spring/Summer 2017 keluaran M.A.C. Ada campur tangan nuansa alam yang menyiratkan efek sunned dari pemilihan warna kuning menuju oranye (pada runway Missoni). Lalu pada pipi diberi rona segar dari palet pinkish (Zac Posen), peach maupun bronze. Selain itu, palet cherry tipis yang hanya diaplikasikan tipis pada bibir layaknya runway Charlotte Olympia juga menonjolkan kesan manis. Intinya, tampilan Warm seakan ingin mempertegas kondisi kulit Anda yang memang sudah berkualitas alias sehat. Satu lagi, kesan glowing dan gloss masih mendominasi tren ini seperti pada runway Alexis Mabille.

Serarah jarum jam dari kiri atas: Alexis Mabille Spring 2017, Charlotte Olympia Spring 2017, Missoni Spring 2017, dan Zac Posen Spring 2017. (Foto: Matteo Valle & Matteo Scarpellini/IMAXTREE.COM)

Apa warna yang paling direkomendasikan Nicole untuk warna kulit wanita Indonesia? Ia terang-terangan menyebut palet kuning yang katanya sangat cocok diaplikasikan pada warna kulit fair pucat hingga gelap sawo matang. Baiknya gunakan eyeshadow pencil terlebih dahulu, kemudian dibaur dengan kuas. Ia juga memberikan pulasan pipi berwarna segar, menyikat alis agar lebih terdefinisi, dan terakhir membubuhkan lipstik bernuansa natural.

Tampilan Warm karya Nicole Thompson (Foto: Dok. Bazaar)

(Layout: Yellsa Nurilla Indah; Foto: Dok Bazaar)

Source: Harper’s Bazaar

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini!

Baca juga:
Keinginan Anne Hathaway & Julie Andrews membuat Princess Diaries 3
Paduan gaya dengan aksen off-shoulder
Jangan pasrah merawat bayi prematur, asah potensinya!