5 hal yang mesti Anda lakukan sebelum yoga

5 hal yang mesti Anda lakukan sebelum yoga

500

Aktivitas padat kadang membuat Anda jadi cepat lelah dan sering menguap lesu saat tiba di kantor – tapi hal ini bisa diatasi dengan olahraga yoga.

Jika Anda (baru) memutuskan untuk mencobanya sekarang, simak dulu beberapa hal penting berikut agar sesi yoga kian maksimal!

1. Find Out More

Olahraga yang berusia lebih dari 5.000 tahun ini memiliki beragam pilihan, diantaranya Hatha, Vinyasa, Ashtanga, Iyengar, Bikram, dan masih banyak lagi.

Jika Anda pemula, pilih kelas Basic / Gentle Yoga terlebih dahulu sebagai pengenalan teknik dasar serta penyesuaian gerakan. Jika dirasa cukup, barulah pilih jenis yoga yang sesuai dengan Anda.

2. Datang Lebih Awal

Perhatikan waktu dimulainya sesi ini dan datanglah lebih awal. Gunakan waktu untuk mengikuti instruksi awal dari fasilitator dan berkenalan dengan teman baru!

Saat memasuki ruangan, lepas seluruh alas kaki dan ambil matras yang tersedia di dalam studio sebagai alas Anda dalam melakukan olahraga ini. Ingat, istirahatkan perut dari makanan berat, minimum 30 menit sebelum olahraga dimulai.

3. Atur Pernafasan Serta Pikiran

Kunci olahraga ini adalah kekuatan tubuh, pengaturan nafas, serta kejernihan pikiran. Karenanya, coba renggangkan jari tangan, kaki, dan leher untuk memulai tahap releasing stress ini dari badan Anda.

Saat melakukan gerakan, atur juga pernafasan Anda untuk memberikan penangan diri dan memberikan perasaan rileks diakhir dari kelas ini.

4. Percayakan pada Fasilitator

Sebagai pemula, Anda pasti akan mengalami kesulitan mengikuti gerakan yang dilakukan oleh fasilitator saat mengikuti kelas. Ingat untuk memberitahu instruktor kelas bahwa Anda adalah seorang pemula agar ia bisa memberikan Anda perhatian lebih.

Kemudian, coba dan lakukan apa yang diinstruksikan dan langsung tanyakan jika butuh bantuan. Tidak usah malu bila Anda mengalami kesusahan – there’s always a first time. Tidak akan ada yang menertawai Anda, kok.

5. Be a Beginner

Dalam beberapa bulan ke depan, Anda mungkin akan mengalami sedikit kesulitan dalam melakukan gerakan baru. Namun hal ini dapat diatasi dengan terus berlatih dan selalu fokus pada apa yang terjadi di atas matras Anda.

Hindari memikirkan pose mana yang dapat atau tidak dapat dilakukan, tetap berpikir positif, dan lakukan sebisa Anda. Selamat berolahraga!

(Jani / Kezia Calesta / SW / Image: dolgachov @123RF)

Source: Cosmopolitan Indonesia

Share it