5 Pengeluaran yang perlu dipersiapkan menjelang lebaran

5 Pengeluaran yang perlu dipersiapkan menjelang lebaran

270

Ketahui pengeluaran apa saja yang harus dipersiapkan menjelang lebaran tahun ini agar lebih cermat mengatur keuangan Anda.

1. Zakat

Usahakan agar zakat amal, zakat profesi, dan zakat fitrah yang merupakan sebuah kewajiban sudah dipersiapkan sebelum lebaran. Buatlah perhitungan pos dana zakat yang Anda keluarkan, catat setiap pengeluaran agar tidak lupa, lalu tentukan zakat apa yang akan dibayar, kapan, dan pastikan untuk dibayar secara online atau offline.

2. Mudik

Lebaran mungkin tidak akan lengkap tanpa kegiatan yang satu ini. Namun, jangan lupa untuk memperhitungkan pengeluaran selama proses mudik mulai dari biaya transportasi, makan, dan oleh-oleh. Lakukan simulasi hitungan biaya apabila menggunakan mobil pribadi atau memilih transportasi umum (pesawat, kereta api, bus). Carilah promo tiket dari jauh-jauh hari agar bisa lebih hemat.

3. Pakaian Baru

Setuju bukan jika ungkapan baju baru di hari raya sudah menjadi tradisi di Indonesia? Pusat perbelanjaan pun ramai memberikan diskon besar dan promo yang cukup menggiurkan. Tipsnya? Tentukan biaya untuk membeli pakaian baru dan maksimalkan semua tawaran diskon dan promo di tempat Anda belanja. Namun, jangan sampai tawaran tersebut membuat Anda membeli barang yang tidak diperlukan.

4. Makanan Lebaran

Lebaran identik dirayakan dengan makan-makan besar dengan keluarga tersayang. Namun poin ini juga perlu diperhatikan dengan saksama mulai dari biaya kue lebaran, bahan makanan dan minum-minuman ringan untuk lebaran.

Siasati dengan memasak makanan lebaran dan membuat kue lebaran sendiri. Tentukan bujet untuk hidangan lebaran yang diperlukan dan buatlah daftar belanja secara rinci. Manfaatkan pula diskon, promo, dan pembayaran dengan kartu kredit.

5. Biaya Pengganti Pekerja Rumah Tangga

Kepulangan PRT juga berpengaruh besar pada finansial saat mengurus keperluan rumah tangga sendiri atau memilih untuk menyewa pengganti. Anda bisa mencari PRT pengganti jauh-jauh hari agar bisa menemukan yang sesuai atau memilih untuk gotong royong bersama keluarga mengurus keperluan rumah tangga agar lebih efisien.

Source: Her World Indonesia

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini!

Baca juga:
Dua Lipa & Martin Garrix pacaran?
Rihanna pamer tubuh seksi di video musik Wild Thoughts
Rasakan kolaborasi Calvin Harris dengan 3 artis ini