5 selebriti sukses melawan kanker, bagaimana caranya?

5 selebriti sukses melawan kanker, bagaimana caranya?

278

Tahukah Anda jika kanker dinobatkan sebagai salah satu penyakit paling mematikan di dunia? Bahkan, di Indonesia sendiri jumlahnya kian meningkat, hingga World Health Organization (WHO) meramalkan terjadi lonjakan penderita kanker di Indonesia sebanyak 7 kali lipat, setidaknya pada tahun 2030.

Salah satu yang paling meresahkan adalah kanker serviks yang menjadi momok bagi wanita.

Sejumlah selebriti dunia dan Tanah Air pun pernah merasakan dampak menakutkan dari penyakit kanker, tentu dengan tipe berbeda-beda. Dengan aktivitas padat dan pola hidup yang tidak terjaga, tentu bahaya kanker bisa menjadi ‘sahabat’ tubuh Anda.

1. Hugh Jackman

Aktor kawakan satu ini pernah didiagnosa terserang kanker kulit dan telah menjalani pengobatan sejak 2013.

Ia pun pernah mengungah foto-foto dirinya di media sosial pasca operasi dengan pesan “PLEASE! PLEASE! WEAR SUNSCREEN!”. Jadi, jangan pernah anggap remeh penggunaan sunscreen.

2. Andien Aisyah

Penyanyi pelantun lagu Indahnya Dunia ini dinyatakan terserang kanker payudara sejak ia duduk di bangku SMA. Namun, ia sukses melawan penyakit tersebut setelah sukses melakukan operasi serta menjaga pola hidup sehat, mulai dari olahraga, mengurangi junk food serta mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung anti oksidan tinggi.

3. Pevita Pearce

Meski masih di tahap tumor jinak, aktris cantik berdarah Inggris ini tetap waspada akan bahaya sel kanker.

Ia pun bertolak ke Kuala Lumpur untuk melakukan operasi dan tetap menjaga pola hidup sehat hingga kini.

4.  Ben Stiller

Aktor sekaligus produser film, Benjamin Edward Meara Stiller atau dikenal dengan nama Ben Stiller tak luput dari bahaya kanker. Pernah didiagnosa mengidap kanker prostat, Ben akhir dinyatakan sehat sejak Oktober 2014 lalu.

5. Giuliana Rancic

Pernah didiagnosa kanker payudara tak mebuat presenter E! tersebut patah hati. Ia pun kini dinyatakan cancer-free dan selalu menjaga nutrisi dan kesehatan tubuhnya dengan olahraga bersama sang suami, Bill Rancic, di sela day-off. Relationship goals!

Sekalipun para selebriti di atas dinyatakan cancer-free, namun mereka tidak lepas dari pola hidup sehat. Dan lebih baik lagi jika Anda pun tetap menjaga makanan serta rutin berolahraga agar jauh dari bahaya kanker.

Berikut 5 cara mudah yang dapat Anda lakukan di rumah untuk menghindari bahaya kanker:

1. Berjemur di bawah sinar matahari. Percaya atau tidak, ketika tubuh terpapar sinar matahari, maka secara otomatis akan memproduksi vitamin D. Vitamin D ini ampuh melindungi tubuh Anda dari sel kanker, baik kanker kulit, paru-paru, maupun prostat.

Selain itu, vitamin D dapat membantu menurunkan kadar kolestrol darah untuk melawan penyakit jantung. Namun yang perlu diingat, berjemur di bawah sinar matahari tersebut hanya boleh dilakukan selama 10 hingga 15 menit saja tiap pagi.

2. Konsumsi makanan dengan kadar anti-oksidan tinggi. Setidaknya sebelum memulai aktivitas pagi, konsumsi buah dan sayuran, seperti alpukat, jeruk, anggur, mangga, semangka, wortel, buncis, ataupun apel.

3. Hindari makanan dengan kandungan prokarsinogen. Biasanya, kandungan prokarsinogen banyak terdapat pada daging merah, seperti daging sapi, terutama yang diolah dengan cara dibakar atau dipanggang. Konsumsi makanan yang diolah secara direbus dipercaya lebih baik bagi tubuh Anda karena tidak menghancurkan nutrisi yang dikandungnya.

4. Jauhi alkohol dan rokok. Wanita lebih rawan terserang kanker payudara jika tidak menghidari dua hal ini.

5. Hidup seimbang dengan olahraga. Setidaknya, luangkan waktu selama 30 menit untuk berolahraga sebelum memulai aktivitas padat tiap harinya. Anda boleh saja melakukan olahraga jenis aerobik, seperti berjalan dan berlari.

(Foto: courtesy of Instagram) Source: Her World Indonesia