5 Teknik pernapasan yang membantu Anda cepat tidur

5 Teknik pernapasan yang membantu Anda cepat tidur

390

Bila Anda tak cukup tidur besar kemungkinan mood jadi kacau, dari marah-marah, rewel dan bergerak lebih lamban. Jika masalah sulit tidur di malam hari sudah lama Anda alami, beberapa teknik pernapasan ini bisa membantu untuk mengurangi rasa gelisah, bikin Anda cepat tertidur tanpa perlu bantuan obat tidur lagi.

1. Tarik nafas dalam, dan keluarkan perlahan
Teknik pernapasan perut dalam (seperti sedang mengisi daerah perut Anda dan membuatnya menjadi balon) adalah salah satu cara termudah dan paling efektif untuk menenangkan seluruh tubuh Anda dan mengaktifkan sistem saraf parasimpatis.

Jadi tubuh Anda tidak akan berada di dalam mode “fight or flight” yang artinya, momen antara “hadapi atau hindari” ketika ingin mulai tidur.

2. Teknik 4-7-8
Teknik pernapasan relaksasi 4-7-8 artinya bernafas melalui hidung selama empat hitungan, menahan napas selama tujuh hitungan, dan menghembuskan napas melalui mulut Anda selama delapan hitungan.

Kedengarannya sangat teknis ya di awalnya, tapi teknik ini dipercaya bisa membuat Anda tertidur pulas seperti bayi kecil.

Dr. Andrew Weil, seorang ahli dan penulis kesehatan holistik dan pendiri Pusat Pengobatan Integratif Arizona, mengatakan bahwa nafas 4-7-8 dapat memberi keajaiban disaat Anda sedang mencoba untuk tertidur, membuat lebih relaks dan mengundang rasa kantuk. Patut dicoba kan?

3. Pernafasan alternatif nostril
Pernapasan nostril alternatif adalah bentuk pernafasan yoga (atau dikenal sebagai Pranayama) yang menanamkan rasa tenang saat berlatih dengan benar.

Bila sedang tak bisa tidur, cobalah teknik ini dengan meletakkan ibu jari kanan di atas lubang hidung sebelah kanan, dan hirup napas lebih dalam sepenuhnya dari lubang hidung kiri.

Jika sudah, ambil jari manis dan tutup lubang hidung sebelah kiri dan bernafaslah melalui lubang hidung sebelah kanan. Lanjutkan pola menenangkan ini sampai Anda merasa bisa tidur nyenyak dan seluruh tubuh Anda terasa relaks.

4. Hitung nafas
Jika Anda sepertinya tidak bisa menenangkan pikiran untuk tertidur, tarik nafas dalam dengan kecepatan normal. Hitungan pertama dimulai ketika Anda menghembuskan nafas.

Lakukan ini sampai Anda mencapai hitungan ke lima, dan mulailah kembali dari awal.

Menurut penelitian, ini akan berhasil karena Anda akan menumpahkan konsentrasi menghitung angka yang membuat Anda lelah setelah beberapa putaran.

5. Ritme nafas teratur
Bernafas dengan ritme teratur adalah metode yang akan membuat Anda mendapatkan ketenangan tidur yang sangat layak didapatkan.

Menurut TIME, pernapasan teratur tekniknya persis seperti “menghitung domba” karena sifatnya yang menenangkan dan menenteramkan.

Tarik nafas dalam-dalam melalui perut dan saat Anda menarik napas, tahan sampai hitungan empat. Saat Anda melepaskan nafas hitung sampai empat lagi. Metode sederhana ini akan membantu menenangkan sistem saraf, mengurangi stres yang dihadapi, dan tanpa sadar Anda akan masuk ke alam mimpi indah, ladies.

Have a good night sleep!

(Image: belchonock©123RF.com)

Source: Cosmopolitan Indonesia