5 Tipe orang berdasarkan musik yang didengar

5 Tipe orang berdasarkan musik yang didengar

86

Psst, tahukah Anda, tak hanya sebagai pendamping rutinitas, musik juga memiliki arti tersendiri secara psikologis. Berdasarkan data dari Spotify dan psikolog musik, Christ Billy Aryanto, ini dia lima tipe orang berdasarkan musik yang didengar. Hmm, Anda tipe yang mana?

1. The Early Birds

Entah alasannya karena Anda suka berlari pagi, atau ingin menghindari kemacetan kota (duh!), jika Anda terbiasa bangun sangat pagi untuk memulai rutinitas, maka Anda termasuk dalam tipe early birds. Tipe ini biasanya suka menyelesaikan segala hal di pagi hari, bahkan sebelum jam enam pagi, meskipun mungkin mereka belum sepenuhnya bangun.

Nah, bagi Anda yang gemar bangun pagi, penelitian menemukan bahwa mendengarkan musik dapat membantu meningkatkan stamina dan motivasi. Psst, jika Anda sudah mengunduh Spotify, playlist Semangat Pagi cocok untuk menemani pagi Anda.

2. The Busy Bees

Jika Anda tipe yang agak sulit untuk bangun pagi dan memilih untuk mulai produktif di sekitar jam 9 pagi, maka Anda masuk dalam kategori busy bees. Biasanya kelompok ini mulai produktif ketika ada tuntutan pekerjaan di kantor.

Untuk para busy bees, penelitian menemukan bahwa musik dapat membantu Anda meningkatkan konsentrasi dan daya fokus saat kembali berhadapan dengan setumpuk pekerjaan di kantor. Inilah mengapa busy bees sangat membutuhkan musik sebagai pendamping saat bekerja.

Playlist yang cocok dengan Anda adalah musik-musik hits atau musik akustik untuk menemani Anda bekerja sambil menyeruput segelas kopi. Dengarkan playlist kopikustik di Spotify Anda untuk menambah konsentrasi.
3. The Midday Zombies

Suka mengantuk ketika siang hari? Bagi Anda yang sulit fokus pada pekerjaan setelah makan siang, berarti Anda masuk dalam tipe ini. Perut yang kenyang membuat Anda sulit untuk kembali fokus, sehingga seringkali Anda justru menghabiskan waktu scrolling video Youtube tanpa henti sebelum akhirnya kembali bekerja. Untuk mengembalikan konsentrasi, Anda butuh musik yang dapat mengembalikan semangat, seperti musik-musik Top 40.

4. The Night Riders

Bagi Anda yang hanya merasa bersemangat ketika telah menyelesaikan pekerjaan di kantor, atau bagi Anda yang justru merasa bersemangat ketika hari mulai menjelang malam, maka Anda masuk dalam tipe ini.

Anda juga sedikit picky dalam memilih musik, sehingga seringkali lebih memilih musik indie dibanding musik pop. Anda suka mendengarkan musik sepanjang perjalanan pulang dan menghabiskan sisa hari Anda di rumah sambil mendengarkan playlist favorit.

Bagi Anda, tak ada yang lebih baik dibandingkan meninggalkan kantor secepat mungkin, bahkan tak peduli jika Anda harus menembus kemacetan selama ditemani dengan playlist favorit.

5. The Dream Chasers

Dream Chasers adalah mereka yang gemar mendengarkan musik sambil bersantai di tempat tidur. Tipe ini biasanya sangat menghargai pentingnya tidur dan tak senang jika waktu tidurnya berkurang.

Penelitian menunjukkan bahwa tipe ini biasanya gemar mendengarkan lagu dengan tempo lambat atau melodi yang lembut. Genre musik seperti jazz atau new age adalah playlist favorit bagi para dream chasers.

(Alvin Yoga / VP / Image: Dok. Outnow.ch)

Source: Cosmopolitan

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini!

Baca juga:
Janet Jackson dikabarkan ingin bercerai?
Bersaing meraih gelar impian di Asia’s Next Top Model Cycle 5
Rihanna mendesain perhiasan bagi Chopard