5 Tips penting agar mendapatkan promosi dalam pekerjaan

5 Tips penting agar mendapatkan promosi dalam pekerjaan

248

Bermimpi untuk naik jabatan ditempat kerja Anda? Dengan evaluasi dan review gaji akhir tahun yang semakin dekat, sekarang adalah waktu terbaik untuk mengambil sikap dan menilai dimana posisi Anda dan akan kemanakah Anda berlanjut.

Promosi pekerjaan mungkin adalah yang Anda butuhkan namun hanya jika Anda sudah melakukan hal yang benar untuk mencapainya

Pastikan semua kondisi berjalan dengan baik, dan Anda telah menunaikan kewajiban Anda sebelum melangkah ke tahap yang selanjutnya. Jadikan artikel ini sebagai panduan karier Anda ke tahap selanjutnya.

1. Pastikan Anda selalu mengikuti perkembangan bidang karier yang Anda tekuni

Pengetahuan adalah kekuatan. Karena teknologi industri menjadi lebih maju jauh lebih cepat dari sebelumnya, sangatlah penting untuk mempersiapkan diri dengan keterampilan yang tepat dan selalu mengikuti perkembangan tren yang ada.

Carilah yang paling mutakhir, jika Anda bisa, namun tutorial online dan kursus juga sudah cukup. Bahkan, Anda bisa menghadap manager Anda di tempat kerja dan menanyakan apakah perusahaan menawarkan dukungan untuk karyawan mereka untuk peningkatan karier mereka melalui seminar dan lokakarya.

Hal tersebut tidak hanya akan menunjukkan kesediaan Anda untuk menjadi pegawai yang lebih baik, tapi juga menunjukkan Anda adalah seseorang yang mau berkembang dan meningkatkan kemampuan diri. Suatu sifat yang mengagumkan yang akan membantu Anda naik ke tahap selanjutnya dengan cepat.

2. Pastikan Anda bekerja lebih pada penyelesaian proyek- proyek

Tidaklah cukup hanya dengan mendedikasikan diri untuk mengerjakan sebuah tugas. Agar menonjol, pastikan Anda mengerjakan sesuai apa yang diminta dan kemudian Anda harus melebihi harapan dari atasan.

Hal ini bisa berarti mengirimkan pekerjaan Anda sebelum batas waktu, atau mengerjakan pekerjaan tambahan. Anda bisa, misalnya, membantu mengerjakan proyek rekan Anda.

Menemukan cara agar semua proses berjalan dengan cepat, atau berhemat dalam hal keuangan juga dapat memberikan Anda poin tambahan di mata atasan Anda.

Hal ini penting namun jangan terlalu mudah ketika mengerjakan tanggungjawab tambahan dalam hal pekerjaan. Katakan “Ya” hanya jika Anda tahu bahwa Anda bisa memberikan apa yang dibutuhkan, dan jangan malu untuk meminta bantuan jika Anda membutuhkannya. Memang bagus untuk terlihat sebagai seorang pekerja keras, tapi pastikan Anda mampu untuk tetap pada komitmen dan target Anda.

3. Jalinlah hubungan dengan orang- orang yang tepat

Ketika Anda ingin maju dalam pekerjaan, dibutuhkan lebih dari hanya sekedar mengerjakan pekerjaan Anda dan memenuhi target- target Anda. keterampilan sosial Anda juga termasuk dalam perhitungan, hal tersebut akan menetukan apakah Anda akan mendapatkan promosi atau tidak.

Berhati- hatilah dengan siapa Anda bergaul di kantor. untuk menjadi yang terdepan, Anda harus berada ditengah- tengah orang- orang yang berpengaruh dengan menjadi orang yang bisa diandalkan dan sopan. Orang- orang senang mempunyai orang- orang yang mudah bergaul,dan mempunyai kepribadian yang baik sangat berpengaruh jika Anda ingin mendapatkan promosi di tempat kerja Anda.

Di sisi lain, hindarilah orang- orang dengan etos kerja atau reputasi yang perlu dipertanyakan. Anda selalu ingin meninggalkan kesan yang baik pada atasan atau rekan kerja Anda, jadi cobalah untuk menjauhkan diri dari orang- orang yang mungkin membahayakan citra Anda.

4. Jadilah pegawai yang proaktif

Berpikir panjang dan lihatlah gambaran yang lebih besar – adakah bagian yang masih perlu ditingkatkan? Adakah cara untuk membuat segala sesuatunya berjalan lebih cepat dan mudah? Jika Anda mempunyai ide yang akan meningkatkan efisiensi di tempat kerja Anda, maka jangan malu dan kemukakan ide Anda tersebut.

Masalah terjadi ketika ada langkah- langkah yang terabaikan atau ide – ide yang tidak terakomodir, jadi sampaikanlah jika memang Anda ingin membuat yang lain mengerti. Namun, pastikan ide Anda membantu, bukan malah menyebabkan tertundanya sesuatu. Bersiaplah dengan rencana yang konkrit dan tunjukkanlah bagaimana ide Anda dalam membantu meningkatkan kualitas tempat kerja Anda.

5. Pastikan pencapaian Anda terlihat

Anda mungkin penuh dengan ide-ide besar tapi hal tersebut sia- sia saja jika tidak ada yang tahu. Bersiaplah untuk berbicara ketika diperlukan- dalam rapat atau sesi brainstorming, jadilah orang yang berkontribusi dan menyararankan hal- hal yang membuat hidup lebih mudah. Buatlah atasan Anda terkesan dengan maju ke depan dan menawarkan diri untuk menjawab tantangan- tantangan yang ada jika anda mampu.

Demikian juga, hal kecil seperti tidak lupa untuk memberi nama dan gelar pada pekerjaan Anda dapat membentuk identitas Anda. Pastikan pengambil keputusan selalu menghubungkan nama Anda dengan hasil yang bagus. Yang terakhir, jangan melewatkan kesempatan untuk tatap muka melalui pertemuan secara langsung dengan atasan Anda.

Cosmoners, yuk terus dengerin Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini! [sumber jobstreet.com | foto r3pellent.wordpress.com]

Baca juga:
“Coco”, mengangkat perspektif lain kehidupan
Membangun keunikan rasa Eskimomo
Arti warna lipstik yang Anda pakai setiap hari