7 tradisi unik menyambut tahun baru di beberapa negara

7 tradisi unik menyambut tahun baru di beberapa negara

743

Tahun baru sepertinya telah menjadi suatu fenomena yang unik dan paling seru setiap tahunnya. Kita bisa melihat banyak sekali cara-cara masyarakat, baik di Indonesia maupun di belahan dunia lain, dalam merayakan malam tahun baru.

Di Indonesia, kita biasa merayakan malam tahun baru dengan menggelar acara barbeque party alias bakar-bakaran bersama keluarga atau teman dekat.

Ada juga yang merayakan tahun baru dengan merenungkan segala hal yang telah terjadi di tahun sebelumnya.

Nah, sekarang kita lihat yuk beberapa tradisi unik perayaan tahun baru di beberapa negara berikut,

Jepang

Saat tahun baru, kuil Budha di Jepang akan mendentangkan lonceng sebanyak 108 kali untuk menyambut Toshigami, dewa Tahun Baru.

Selain itu, penduduk Jepang juga akan membersihkan rumah mereka dan mengirimkan kartu ucapan terima kasih yang disebut nengajo.

Venesia

Di Venesia, ciuman masal di lapangan St Mark adalah tradisi tahun baru paling populer yang dirayakan di sana.

Cili

Saat kebanyakan orang di dunia menyambut tahun baru dengan berpesta dan penuh suka cita, rakyat Cili justru menghabiskan tahun baru dengan mengunjungi makam orang-orang yang mereka cintai dan merayakannya dengan keluarga yang sudah tiada.

Thailand

Songkran adalah festival air tradisional dari Thailand yang dirayakan untuk melambangkan membuang nasib buruk.

Spanyol

Saat lonceng dibunyikan di malam tahun baru, masyarakat Spanyol akan memakan dua belas butir anggur. Menurut mitos yang mereka percayai, ritual ini akan membawa kemakmuran di tahun mendatang.

Yunani

Masyarakat Yunani akan menggantung bawang di depan rumah mereka pada saat tahun baru. Hal ini dilakukan sebagai tanda kelahiran kembali di tahun yang baru.

Selain itu, di hari pertama tahun baru masyarakat Yunani juga akan memecahkan delima sebelum masuk rumah sebagai simbol kemakmuran dan nasib baik.

Ekuador

Masyarakat di Ekuador akan membuat boneka berbentuk orang dan membakarnya di tengah jalan sebagai lambang untuk membuang nasib buruk di tahun sebelumnya dan menyambut tahun baru dalam keadaan yang bersih.

Cosmoners, yuk terus dengerin Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini! [teks Devina Dea | foto europeanbestdestinations.com]