8 Langkah untuk memulai makeup

8 Langkah untuk memulai makeup

304
  1. Moisturizer atau Primer

Untuk memulai merias wajah, hal pertama yang harus Anda aplikasikan pada wajah setelah mencuci muka dengan bersih adalah mengaplikasikan moisturizer atau primer terlebih dulu.

Selain sebagai dasar makeup, primer juga dapat membuat makeup lebih tahan lama, serta dapat menyamarkan pori-pori. Sedangkan untuk moisturizer, seperti yang kita ketahui moisturizer berfungsi sebagai pelembab untuk melembabkan kulit. Namun Cosmoners harus memilih salah satu antara primer atau moisturizer untuk digunakan sebagai base makeup agar tidak mengganggu fungsinya.

  1. Foundation

Langkah berikutnya jika sudah mengaplikasikan moisturizer atau primer adalah mengalikasikan foundation. Foundation digunakan sebagai alas bedak. Foundation berguna untuk menutupi kekurangan pada wajah Anda.

Aplikasikan secara merata, dan untuk hasil yang lebih merata di seluruh wajah, gunakanlah kuas makeup atau sponge. Tapi Cosmoners harus memilih warna foundation yang tepat dan sesuai jenis dan warna kulit juga ya.

  1. Concealer

Selanjutnya, aplikasikan concealer. Concealer berfungsi untuk membantu menyamarkan spot-spot pada wajah yang belum bisa disamarkan oleh si foundation, seperti noda bekas jerawat atau lingkar hitam di bawah mata. Namun jika penggunaan foundation tadi sudah cukup menutupi kekurangan pada wajah Cosmoners, penggunaan concealer tidak perlu digunakan lagi.

  1. Powder

Jika sudah mengaplikasikan 3 langkah tadi, lakukanlah finishing dengan menggunakan powder. Anda bisa menggunakan jenis powder warna transpararant agar tidak membuat warna kulit Anda terlalu putih.

Atau bisa juga menggunakan warna powder yang sesuai dengan warna kulit Anda, tapi jangan sampai warna powder membuat wajah Anda lebih kusam. Aplikasikan menggunakan kuas atau brush khusus powder agar powder teraplikasikan secara merata di wajah kalian.

  1. Eyebrow

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah penggunaan eyebrow atau alis. Bagi para wanita adalah hal yang sangat penting sekarang. Jadi alangkah lebih baiknya, gunakanlah warna eyebrow yang sesuai dengan wajah kalian, karena dari warna eyebrow saja bisa dapat merubah wajah kalian lho.

  1. Eyeshadow, Eyeliner, & Maskara

Step berikutnya adalah dengan menggunakan eyeshadow pada kelopak mata sesuai keinginan Anda, untuk make up natural disarankan untuk menggunakan warna eyeshadow berwarna cokelat.

Selanjutnya jika telah menggunakan eyeshadow, waktunya untuk memasang eyeliner yang berfungsi untuk mempertegas mata Anda. Terdapat banyak bentuk dalam penggunaan eyeliner, setiap penggunaan jenis eyeliner dapat merubah bentuk mata kalian atau bisa juga membuat mata terkesan semakin tajam.

Setelah eyeshadow dan eyeliner, saatnya menambahkan maskara untuk kesan dramatic pada mata kalian. Selain itu maskara juga dapat memperlentik bulu mata Anda, terutama bagi para Cosmoners yang tidak memiliki bulu mata yang panjang atau lentik. Namun sebelum menggunakan maskara, untuk hasil lebih sempurna, gunakanlah penjepit mulu mata.

  1. Blush On

Riasan sekarang sudah hampir selesai, namun wajah akan masih terlihat pucat jika belum ditambahkan blush on di daerah pipi. Blush on berfungsi untuk memberikan efek segar pada wajah, juga dapat memberi efek wajah terlihat tirus.

Gunakanlah warna blush on yang sedikit gelap dari warna wajah Anda untuk memberikan efek tirus pada wajah, dan gunakanlah warna yang lebih cerah dari warna wajah. Seperti warna merah atau peach untuk memberikan efek atau kesan segar pada wajah Anda.

  1. Lipstick

Terakhir, untuk menghidupkan riasan Anda, Anda perlu menggunakan lipstick agar terlihat menyala. Terdapat berbagai jenis warna lipstick, gunakanlah warna lipstick yang sesuai dengan karakter ANda.

Untuk penggunaan lipstick matte, disarankan untuk menggunakan lip balm terlebih dahulu agar tidak menimbulkan kekeringan pada bibir.

Gimana, Cosmoners? Anda bisa mencobanya di rumah untuk beraktivitas sehari-hari. Selamat mencoba!

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini!

[teks Angela Wahyudi | foto berbagai sumber]

Baca juga:
Kylie Jenner akan memiliki reality show sendiri
5 Buku tentang wanita yang harus Anda baca
Humour is the key to success at work