8 Trik pintar membuat gaji cukup hingga akhir bulan

8 Trik pintar membuat gaji cukup hingga akhir bulan

249

Uh-oh, lagi-lagi uang Anda banyak “terkuras” bahkan ketika masih awal bulan. Yuk, baca trik ini untuk “menjaga” dompet Anda agar tetap tebal.

Lihat Kembali Biaya Kartu Kredit Anda
Pernahkah Anda ditawarkan untuk memiliki kartu kredit dengan bebas biaya tahunan? Kartu kredit seperti ini sangat membantu karena Anda tak perlu mengeluarkan biaya minimum setiap bulannya untuk biaya tahunan. (Well, bukan berarti Anda bisa menerima setiap tawaran kartu kredit yang bebas biaya tahunan, ya) Sayang, biasanya bebas-biaya tersebut hanya berlaku selama setahun pertama.

Jika Anda tidak memakai kartu tersebut untuk cicilan tertentu, ada baiknya Anda menutup kartu tersebut untuk menghindari biaya tambahan. Psst, jika Anda sering menggunakan kartu tersebut tanpa melebihi limit yang ditentukan, sebenarnya Anda bisa menghubungi bank penerbit untuk mengajukan bebas-biaya, lho!

Stop Collecting
…and start selling! Sudah saatnya berhenti berbelanja barang yang mungkin sebenarnya tidak benar-benar Anda butuhkan. Pernahkah Anda membeli barang tertentu hanya karena “lapar mata”? Yup, barang seperti ini biasanya hanya digunakan sesekali atau justru tersimpan rapi di pojok kamar. Nah, ini saatnya untuk menjual barang-barang Anda yang jarang terpakai untuk menambah pemasukan. Time for garage sale, ladies! Pastikan saja barang tersebut masih dalam kondisi yang sangat baik, ya!

Check Your Rewards
Sering mendaftar dalam berbagai rewards club? Ini saatnya untuk melihat kembali reward yang Anda miliki dan gunakan potongan tersebut untuk berbelanja. Seringnya, Anda hanya tergoda dengan tawaran reward namun melupakan keuntungan tersebut di kemudian hari. Ingat, rewards biasanya memiliki sistem tersendiri yang akan hangus dalam kurun waktu tersebut. Yuk, cek lagi reward apa saja yang Anda miliki.

Invite Them Over
Truth is, Anda tak harus keluar rumah setiap kali ingin bersenang-senang bersama the girls atau kencan bersama si dia, kan? Berpesta di bar atau kencan di fine dining restaurant tentu akan mengeluarkan biaya yang lumayan.

Sesekali, ajaklah mereka untuk berkumpul bersama di apartemen Anda. Anda bisa mengajak si dia untuk binge-watching sambil mencoba resep kudapan baru yang Anda buat sendiri, atau mengajak the girls untuk bermain board games sambil pajamas party. That’s also fun!

Beli Minuman Refill
Selain Anda bisa menambah minuman tersebut secara gratis, biasanya harga minumannya pun lebih murah dibandingkan minuman lainnya. Walau jumlahnya memang tidak terlalu besar, namun jika dilakukan selama beberapa kali, tentu akan mengirit pengeluaran Anda, kan?

Gunakan Lampu LED
Anda sudah mematikan lampu jika tidak digunakan, namun pengeluaran tiap bulannya masih besar? Saatnya mengganti lampu Anda dengan lampu LED yang hemat energi. Lampu LED membutuhkan paling sedikit energi dibandingkan lampu pijar, CFL, atau jenis lainnya. Walaupun hasilnya sama, namun LED dapat menghemat energi hingga 90% sehingga meminimalisir biaya tagihan Anda tiap bulannya. Tak hanya itu, lampu LED juga lebih tahan lama, lho!

Always Compare!
Selalu bandingkan harga jika Anda memilih untuk membeli barang di online store, semisal jika Anda ingin membeli barang kosmetik, tiket pesawat atau barang-barang elektronik. Sekarang ini bahkan ada beberapa website yang memudahkan Anda untuk melihat perbandingan harga secara langsung. Irit itu mudah, kan?

Avoid Stress-Spending
Pernahkah Anda membeli makanan atau barang tertentu dengan alasan “Ah, saya kan sedang stres, sesekali tak apa dong!” Nah, “alasan-alasan” seperti ini yang biasanya menambah pengeluaran yang tidak perlu. Jika Anda seringkali melakukan hal tersebut, maka ada baiknya Anda menjauhi pusat perbelanjaan dan mini market jika sedang stres, okay dear? (Alvin Yoga / SW / Image: Dok. Cosmo)

Source: Cosmopolitan

Cosmoners, yuk terus dengerin Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini!

Baca juga:
Pelajari posisi seksi ini jika ingin bercinta di dapur
Harry Styles pacari koki cantik
Cerita Pixie Lott tentang “Baby”