9 Tempat berburu batik yang perlu Cosmoners kunjungi!

9 Tempat berburu batik yang perlu Cosmoners kunjungi!

318

Batik sangat dikenal di seluruh penjuru tanah air. Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas batik masing-masing. Nah, bagi Cosmoners yang menyukai batik, yuk kunjungi tempat-tempat berikut!

1. Pasar Klewer-Solo

yogyakartapanduanwisata.com
yogyakartapanduanwisata.com

Di Pasar Klewer, Cosmoners bisa membeli batik dengan harga yang sangat pas di kantong. Ada beragam produk batik yang bisa Anda temui, seperti kemeja, daster, baju tidur, celana, baju formal, dan masih banyak lagi, tentunya dengan ukuran yang beragam.

Tak hanya menjual batik dari Solo, Pasar Klewer juga menjual batik dari daerah lain, misalnya Semarang, Kudus, dan Pekalongan.

Anda pun bisa mengunjungi Pasar Klewer dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

2. Kampung Wisata Batik Kauman

Goognewsfromindonesia.com
Goognewsfromindonesia.com

Bagi Cosmoners yang penasaran dengan cara membuat batik Pekalongan, di sini nih tempatnya! Motif batik dengan warna-warna cerah dan desain yang modern tak heran batik Pekalongan memiliki banyak peminat.

Kampung batik ini terdapat di jalan Hayam Wuruk, Solo. Tak hanya dapat membeli batik, Cosmoners juga bisa belajar membuat batik di beberapa showroom batik yang ada.

3. Toko Aneka Batik Papua

Travel.detik.com
Travel.detik.com

Selain kerajinan tangan Papua seperti tas noken dan koteka, ternyata batik Papua juga sangat digemari lho,Cosmoners!

Batik Papua memiliki ciri khas pada motifnya, yaitu dengan gambar burung cendrawasih, alat musik tifa, dan ukiran khas Papua.

Harga batik Papua sangat beragam, sekitar ratusan ribu tergantung dari bahan dan kompleksitas motifnya. Salah satu toko yang bisa Anda kunjungi ketika sampai di Papua adalah Toko Aneka Batik Papua yang terletak di Jl. Sam Ratulangi 89 Kampung Baru, tidak jauh dari Bandara Dominique Edward Osok di Sorong.

4. Pasar Beringharjo

YukPiknik.com
YukPiknik.com

Aneka batik di pasar Beringharjo dijual dengan harga murah meriah. Tak hanya menjual batik dalam bentuk garmen, Pasar Beringharjo juga menjual batik dalam kerajinan batik kayu seperti topeng, gelang, tempat tisu, dan masih banyak lagi.
Psst… untuk Cosmoners yang ingin berbelanja batik di Pasar Beringharjo, Anda juga harus pandai-pandai menawar harga yaa!

5. Kampung Batik Trusmi- Cirebon

Gotocirebon.com
Gotocirebon.com

Motif batik Cirebon memang semakin terkenal. Bila Anda berkunjung ke Cirebon, Cosmoners bisa belanja batik Cirebon yang berada di kampung Batik Trusmi di Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon.

Harga yang dibanderol pun sangat beragam, yaitu dari Rp 50 ribu hingga Rp 1 juta. Di Kampung Batik Trusmi Cosmoners bisa menemukan batik motif Mega Mendung yang menyerupai motif awan yang diyakini merupakan lambang kesuburan.

6. Kampung Batik Laweyan

Airyrooms.com
Airyrooms.com

Kampung Batik Laweyan merupakan salah satu objek wisata di Solo. Setiap rumah penduduk memiliki show room dan workshop untuk belajar batik.

Cosmoners yang mengunjungi Kampung Batik Laweyan ini tentu memiliki kesempatan untuk kursus atau sekadar melihat-lihat koleksi batik atau bahkan berbelanja batik.

7.Kampung Batik Palbatu

Kampungbatikpalbatu.com
Kampungbatikpalbatu.com

Ternyata di Jakarta juga ada Kampung Batik lho, Cosmoners! Kampung Batik Palbatu berada di wilayah Jalan Palbatu, Saharjo, Tebet, Jakarta Selatan.

Kini, Kampung Batik Palbatu yang sudah berdiri sejak tahun 2013 merupakan salah satu tempat tujuan masyarakat khususnya remaja yang tertarik untuk belajar membatik.

8. Kampung Langgar Dalem

Liputan6.com
Liputan6.com

Kampung Langgar Dalem dahulu adalah tempat bermukim sebagian besar anak keturunan Sunan Kudus. Batik yang dihasilkan pengrajin daerah ini memiliki ciri khas dalam warnanya, yakni warna sogan tembelekan dan cokelat kehijauan.

9.Kampoeng Batik Tulis Jetis Sidoarjo

liputan6.com
liputan6.com

Dinamakan Kampung Batik Tulis karena sebagian besar warga kelurahan Jetis Kecamatan Sidoarjo adalah pembatik. Mereka menjual karya-karyanya di rumah masing-masing.

Pengunjungnya pun beragam dari luar kota hingga manca negara.

Nah, bagi Cosmoners yang suka mengoleksi batik atau ingin mengetahui dan belajar membuat batik, coba deh kunjungi tempat-tempat tersebut!

[teks Dessyana Kosasih | sumber Kompas, Detik, Viva | foto duranafisah.blogspot.uns.ac.id]