Alasan berat badan Anda naik di kantor

Alasan berat badan Anda naik di kantor

128

Bekerja bukan hanya memengaruhi otak, tapi juga tubuh Anda. Selain membuat pegal dan lesu karena terlalu lama duduk di depan komputer, mungkin Anda sadar bahwa berat badan naik. Kok bisa? Simak ya!

Tekanan dari Rekan Kerja

Kadang, ada rekan yang suka menawarkan snack atau masakannya yang ia jamin lezat. Belum lagi jika ada berulang tahun, mereka menyediakan kue ulang tahun atau mengadakan pizza party di kantor.

Oke, satu hari sih tidak masalah. Namun ketika ada tiga rekan kerja yang berulang tahun selama tiga hari berturut-turut? Hmm… pantas berat badan naik. Jika Anda sedang menjaga berat badan atau sedang diet, jangan takut untuk menolak tawaran makanan dengan sopan.

Tapi… sabar saja ya melihat rekan yang lain menikmati segunung makanan gratis!

Mengunyah Non-Stop

Di tengah mengetik, Anda merasa perlu mengunyah sesuatu agar bisa lebih “fokus”. Jadi, Anda memutuskan untuk membeli jajanan seperti keripik, kacang, kue, dan cemilan lainnya.

Ketika sedang bekerja, secara tidak sadar tangan Anda terus menggapai makanan dan memasukannya ke dalam mulut. Hari berakhir dengan perut kembung dan meja yang penuh sampah cemilan. Is this you?

Temperatur dan Pencahayaan

Yup, ternyata temperatur ruangan dan cahaya dapat memengaruhi selera makan Anda, lho. Menurut sebuah penelitian, semakin redup sebuah ruangan, semakin tinggi selera makan Anda. Begitu juga dengan temperatur ruangan.

Semakin dingin, Anda jadi makin ingin mengunyah! Kalau rasa lapar mulai melanda (padahal Anda baru makan siang), Anda bisa keluar ruangan, cari matahari, dan mengembalikan kondisi perut seperti semula.

Lembur

Well, pasti Anda tidak terkejut, kan? Ketika lembur, Anda tidak berolahraga dan cenderung merasa ngantuk. Hal ini mengacaukan keseimbangan hormon Anda, sehingga meningkatkan rasa lapar. So, jika ada jadwal lembur, jangan manjakan tubuh Anda! Gunakan tangga kantor selama 10 menit agar tubuh Anda terus bergerak.

Tekanan dan Stres

Saat sedang dikejar deadline dan tertimpa stres, Anda meningkatkan hormon cortisol. Hormon ini membuat Anda mengidam cemilan dan makanan manis. Makanan bukan solusi untuk segalanya, dear. Bila sedang dalam banyak tekanan, coba lakukan olahraga simpel dari meja kantor yang bisa memicu relaksasi, contohnya breathing exercise.

[sumber Cosmopolitan Indonesia | foto careeraddict.com]

Baca juga:
The Extralarge perkenalkan single terbaru “Sayangnya”
The Weeknd dan H&M kembali berkolaborasi
Mac berkolaborasi dengan Taraji luncurkan koleksi bibir