Alasan emosi naik turun saat hamil

Alasan emosi naik turun saat hamil

299

Sebenarnya, apa sih yang sedang terjadi dalam tubuh Anda selama hamil? Banyak ibu yang merasakan mood bisa berubah secara drastis, menjadi lebih sensitif, atau mudah tersinggung dan resah karena hal-hal kecil. Familiar dengan hal-hal ini?

Penemuan para ahli mengungkapkan adanya hubungan antara level hormon dengan neurotransmitters, zat kimia pengantar pesan di dalam otak, terutama dengan serotonin, zat yang mengatur mood seseorang. Yuk, ketahui kondisi emosi Anda selama menghadapi kehamilan.

6 Minggu

Di masa ini, beberapa calon ibu akan kehilangan energi dan mudah mengantuk. Belum lagi dengan berbagai kekhawatiran yang kerap muncul. Emosi pun meledak-ledak dan anda menajdi lemas. Untuk mengendalikan energi, dr. Penelope Law, konsultan kebidanan dan kandungan dari The Portland Hospital for Women and Children, menyarankan untuk makan dengan porsi sedikit, namun frekuensinya sering. “Meskipun Anda tidak lapar, hal ini berguna untuk menaikkan level gula darah dan menambah stamina,” jelasnya seperti dilansir M&B UK.

8 Minggu

Selama hamil, akan ada banyak perubahan hormon di dalam tubuh, salah satunya human chorionic gonadotrophin (HGC). Hormon ini berfungsi menanam embrio secara secara kuat di lapisan rahim serta membentuk plasenta. Menurut Lucy Ouryear, MD, Direktur Baylor Psychiatry Clinic di Waco, Texas, HCG akan menyebabkan anda morning sickness. Jadi kalau mood Anda tiba-tiba menurun, itu terjadi karena tubuh Anda sedang membentuk plasenta agar janin berkembang dengan baik.

10 Minggu

Hormon estrogen dan progesteron yang terus meningkat akan membuat Anda sangat kewalahan. Pasalnya, kenaikan kedua hormon ini kerap diasosiasikan dengan mood yang buruk dan menjadi mudah menangis.

12 Minggu

Di minggu ini Anda akan sering tersenyum! Hal ini disebabkan morning sickness serta rasa lemas yang dialami akan berkurang. Anda pun sudah bisa melihat bayi melalui USG. Jadi kehadirannya sekarang benar-benar terasa nyata.

[sumber Mother & Baby Indonesia | foto babycenter.com]

Baca juga:
Lady Gaga merilis dokumenter “Gaga: Five Foot Two”
Nuansa all-pink dari Tom Ford
Fifty Shades Freed siap akhiri trilogi Fifty Shades