Alasan wanita sering ngidam saat menstruasi

Alasan wanita sering ngidam saat menstruasi

157

Pernah merasa ngidam saat sedang menstruasi, tetapi tidak pada waktu yang lain? Ternyata ada alasan mengapa Anda tiba-tiba ingin makan cokelat waktu lagi “deras-derasnya”, Cosmoners!

Yup, itulah yang disampaikan oleh Justine Roth, R.D., ahli gizi dari New York. Menurutnya, saat menstruasi tubuh Anda mengalami perubahan fisik. “Karena hormon tubuh tidak seimbang, tubuh pun mengirim sinyal untuk memenuhi nutrisi tertentu.

Penyebab lainnya, bisa juga karena meningkatnya ikatan asam amino tubuh yang disebut dengan EOP atau endogenous opioid peptides. Kondisi yang sama juga sering ditemukan pada wanita yang sedang hamil.

Kami tidak yakin 100%, tetapi teorinya adalah karena EOP Anda jadi lebih sering ngidam,” kata Suzanne Fenske, M.D., asisten profesor kebidanan, ginekologi, dan ilmu reproduksi di Icahn School of Medicine at Mount Sinai, New York. Adapun, cokelat dan keripik kentang jadi makanan yang paling sering diinginkan saat haid.

Hmmm, tapi kenapa ya cokelat? Ini pun punya alasan sendiri lho. Justine menuturkan, tepat sebelum siklus dimulai, jumlah magnesium pada tubuh akan berkurang. Sedangkan, cokelat –terutama dark chocolate, kaya akan satu nutrisi tersebut. Tidak heran kalau tubuh mengirim sinyal untuk segera melahap makana yang satu ini.

Sebenarnya, mengidam ketika menstruasi tidaklah berbahaya. Namun, Anda harus curiga kalau Anda terus-menerus menginginkan hal-hal yang aneh. Misalnya saja, es keripik kentang atau ayam goreng dengan saus cokelat (well, bisa saja kan!).

Hal ini bisa menandakan ada masalah lain di tubuh, dan tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Selain hal tersebut, Anda sangat boleh kok menuruti keinginan untuk mengonsumsi makanan tertentu waktu datang bulan. Tidak perlu dilawan darling, karena tubuh dan hati Anda membutuhkannya!

[sumber Cosmopolitan Indonesia | foto diabetickitchen.com]

Baca juga:
9 Film box office di tahun 2017
P. Diddy kembali ganti nama?
Trailer “Fifty Shades Freed” resmi dirilis!