Apa saja yang harus dipikirkan untuk mendapatkan rumah impian?

Apa saja yang harus dipikirkan untuk mendapatkan rumah impian?

200

Rumah merupakan salah satu hal utama yang diidam-idamkan oleh pasangan baru. Untuk membeli rumah, pastinya dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, serta banyak pertimbangan. Membeli rumah juga bukanlah hal yang bisa dilakukan seenaknya.

Dalam Financial Checklist bersama Prita Ghozie, membahas mengenai yang diperlukan untuk mempersiapkan rumah impian Anda dan pasangan.

Kira-kira apa saja yang harus dipertimbangkan untuk membeli rumah tinggal ya?

  1. Berapa lama Anda akan tinggal di rumah tersebutjika Anda adalah pasangan baru dan belum mempunyai anak, maka tempat tinggal yang Anda butuhkan tidak perlu terlalu besar. Namun jika Anda berencana untuk mempunyai anak, maka dibutuhkan perluasan. Jika yang Anda miliki sekarang adalah landed house, maka Anda bisa renovasi, namun jika Anda tinggal di apartemen, renovasi bukanlah pilihan tepat.
  2. Lokasi dan kegiatan usaha. Jangan sampai Anda punya rumah yang jauh dari kegiatan usaha Anda dan hanya menambah biaya transportasi harian Anda.
  3. Kemampuan keuangan. Jangan sampai Anda mempunyai rumah impian namun tidak bisa membayar cicilan bulanannya.

Lalu, berapa dana yang harus dialokasikan untuk cicilan rumah tinggal impian anda?

Sebelumnya, pastikan Anda sudah tahu akan membeli rumah dengan cicil atau tunai. Anda harus sangat memahami berapa uang yang harus disisihkan untuk beli rumah.

Umumnya untuk membeli rumah, dibutuhkan uang muka atau DP sebesar 30%, apa jadinya kalau anda tidak memiliki cukup biaya? Sekarang beberapa penjual rumah sudah menerapkan sistem tawaran untuk mencicil si DP tersebut.

Setelah selesai mencicil DP, barulah menyelesaikan cicilan besar. Cicilan besar juga memiliki batasan, untuk seorang karyawan yang memiliki gaji tetap, harus menyisihkan 1/3 dari gaji untuk membayar cicilan.

Bukan itu saja, untuk mempunyai rumah juga biasanya ada biaya biaya tambahan lain seperti biasa profisi, biaya survei, biaya notaris, biaya asuransi untuk si nama yang tertera di akte. Akad pembiayaan harus ada nama pemilik, dan si pemilik ini harus memiliki asuransi jiwa, apa tujuannya? Jika dalam durasi masa cicilan ada kematian, maka ahli waris tidak usah menyelesaikan cicilan, karena cicilan sudah akan diselesaikan oleh pihak asuransi.

Sedikit tips, jika Anda memutuskan untuk mengambil cicilan untuk melunasi rumah tinggal impian.

Bernegosiasi di awal dengan pihak bank, bisa minta keringanan atau diskon untuk biaya provisi, tanya juga asuransi jiwa yang harganya paling ekonomis agar biaya premi lebih murah.

Jika dalam masa cicilan Anda mendapatkan rezeki lebih, biasanya Anda akan memiliki keinginan untuk melunasi sisa pinjaman agar lebih cepat selesai dan lunas. Namun ingat, jika Anda tidak negosiasi di awal, biasanya akan ada penalty. Jika Anda sudah bernegosiasa terlebih dahulu di awal, maka biasanya akan ada keringanan atau hanya membayar biaya administrasi saja.

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini!

[teks Nada Inditya Lifa | foto pinterest.com]

Baca juga:
Best dressed at Met Gala 2017
Cassie mengenakan anting buatan Rinaldy Yunardi
Selfie bertabur bintang ala Kylie Jenner