Apa sih bucket list Anda? Kalau saya adalah SAN DIEGO COMIC CON!

Apa sih bucket list Anda? Kalau saya adalah SAN DIEGO COMIC CON!

200

Pernah denger dong yang namanya SAN DIEGO COMIC CON atau SDCC? Atau mungkin pasangan Anda yang lebih familiar? Ini cara konvensi yang pada awal terbentuk di tahun 1970 adalah sebagai acara kumpul-kumpul penggemar komik lokal yang hingga saat ini telah berkembang menjadi salah satu acara terbesar dalam dunia hiburan dunia terutama yang berhubungan dengan pop culture, tidak hanya komik tapi juga anime, mainan, video games, film dan serial TV serta produk-produk lain yang pada awalnya berasal dari materi komik .

Di acara ini yang secara kebetulan berdekatan dengan Hollywood dan selalu diadakan di musim panas, selalu dijadikan momen juga oleh para pemilik studio-studio besar dalam dunia film dunia untuk meluncurkan promo-promo terbaru dari poyek-proyek terbaru mereka.

Jadi jangan heran jika pada momen ini sering kali banyak dirilis trailer atau teaser dari calon film-film blockbuster yang dirayakan bersama juga dengan kehadiran para pemerannya yang biasanya adalah para aktor dan aktris terkenal Hollywood.

Bisa dibilang mereka-mereka yang bisa hadir di sini adalah mereka yang beruntung atau punya determinasi  tinggi. Bayangkan saja, saya sendiri harus mencoba tiga tahun berturut-turut baru bisa mendapatkan badge nya (istilah untuk tiket masuk ke SDCC).

Selain harus mendaftarkan diri secara online untuk menjadi member terlebih dahulu, kemudian disaring kembali untuk bisa mendapatkan kesempatan masuk ke “antrian” online dan setelah “mengantri” pun belum tentu mendapatkan tiketnya.

SDCC yang berlangsung selama empat hari yaitu Kamis hingga Minggu pun bisa sold-out tiketnya, yang tahun ini kabarnya berjumlah hingga 130 ribu, hanya dalam waktu 1,5 jam. Semua dilakukan secara online di satu waktu bersamaan di seluruh dunia, tidak ada yang namanya beli on the spot.

Akhirnya di Juli kemarin sampai juga di San Diego, sebuah kota pinggir pantai di Pantai Barat Amerika Serikat dan disambut dengan semilir angin yang membuat musim panas di sana terasa lebih adem. Suasana kota pun sudah terasa kental dengan nuansa comic.

Di area sekitar digelarnya SDCC bisa ditemukan dengan mudah ratusan orang, segala usia, menggunakan kostum karakter favorit mereka. SDCC sudah bagaikan taman bermain raksasa bagi warga lokal atau pun para turis. Di lokasi SDCC diadakan pun bisa terasa bagaimana warga dunia memadati dan membanjiri acara tersebut.

Satu spot yang sangat sakral dan hits di SDCC adalah Hall H di mana semua highlights acara digelar. Lokasi di mana para produsen film memperkenalkan karya terbarunya dalam bentuk teaser trailer atau trailer utama dan di sinilah mereka seringkali membawa para bintang dari film tersebut untuk meramaikan.

Masuk ke hall ini sungguhlah menantang kesabaran dan mental. Kadang para fans rela antri berjam-jam bahkan menginap dari semalam sebelumnya. Tapi lokasi yang selama ini cuma bisa diimpi-impikan dan cuma lihat di YouTube saja akhirnya kesampaian juga dimasuki. 20th Century Fox Indonesia berbaikhati memberikan akses untuk menyaksikan panel film “The Predator” yang tayang September 2018 ini dan bisa Anda saksikan bersama pasangan Anda.

Hadir di hadapan saya sang sutradara, Shane Black (Iron Man 3) didampingi para pemeran film tersebut. Di antaranya ada Olivia Munn (Magic Mike, X-Men: Apocalypse), Keegan-Michael Key (Hotel Transylvania 2, The Disaster Artist), Thomas Jane (The Punisher, The Sweetest Thing) dan Sterling K. Brown (Black Panther, This is Us).

Film tersebut menjadi sangat personal bagi sang sutradara karena dulu dia pernah bermain di film Predator versi awal yang tahun 1987 bersama Arnold Schwarzenegger (jadi yang mati duluan) dan kali ini ingin memberikan gaya baru dalam franchise tersebut termasuk memasukkan karakter wanita yang kuat dan sedikit unsur humor.

Di hari berikutnya saya diundang untuk menghadiri private screening cuplikan film “Alita: Battle Angel”, salah satu film jagoan 20th Century Fox untuk akhir tahun 2018 ini. Ada nama James Cameron di balik film ini yang sejak 1995 sudah ingin sekali mengangkat karya Manga Jepang ini ke layar lebar tapi karena kesibukan dia dengan Titanic, kemudian Avatar lalu teknologi yang belum memungkinkan, yang membuat dia baru sekarang bisa mewujudkan impiannya.

Bekerjasama dengan Robert Rodriguez (Desperado, Sin City) yang mendapatkan kepercayaan sebagai sutradara dan juga hadir langsung pada saat private screening tersebut, kita bisa berharap untuk melihat kembali kecanggihan visi seorang James Cameron dalam karya terbarunya nanti yang juga dibintangi oleh tiga peraih Oscar yaitu Christoph Waltz, Jennifer Connelly dan Mahershala Ali.

Masih banyak lagi keseruan yang saya dapatkan selama beberapa hari di SDCC tersebut. Nantikan lanjutannya… [teks dan foto @imam_wibowo, Penyiar Cosmopolitan FM]

Share it