Apakah bisnis bersama suami merupakan ide yang baik?

Apakah bisnis bersama suami merupakan ide yang baik?

148

Breakfast Club bersama Novita Angie dan Yosi Mokalu yang ditemani dengan Prita Ghozie, membahas tentang bagaimana cara untuk bisnis bersama suami dalam Financial Checklist.

Cosmoners, kebayang nggak sih kalau Anda berbisnis bareng suami Anda? Kerja bareng setiap hari, merasakan keuntungannya juga berdua. Kalau dibayangin aja, keliatannya asyik ya? Tapi, ada beberapa dampak negatif menurut Prita yang harus Cosmoners persiapkan secara matang juga nih!

Menurut Prita yang merupakan seorang Financial Planner, ada baiknya untuk memikirkan kesanggupan kalian untuk membiayai keluarga. Karena, jika dua-duanya menjalankan bisnis, akan bergantung pada suatu risiko. Beda halnya jika hanya suami saja yang menjalankan bisnis, sedangkan kita bekerja kantoran.

Kemudian, apakah kalian berdua memiliki passion yang sama? Jangan sampai berbeda. Karena akan mempengaruhi perjalanan bisnis kalian berdua, Cosmoners! Dan menurut Prita, salah satu hal terberat jika bisnis bersama suami adalah pembagian waktu untuk keluar rumah.

“Menurut aku, cukup sulit sih ya kalau udah punya anak. Dua-duanya harus keluar rumah, nanti bisa-bisa anak nggak ada yang ngurusin di rumah. Cukup berat juga kan ya kaya gitu. Selain itu, kalau sudah di rumah, ya kalian bahas masalah anak, masalah rumah tangga. Jangan lagi bahas masalah pekerjaan. Jadi jam kerja pun harus jelas.”

Tapi, bukan berarti kita tidak diperbolehkan untuk bisnis bersama suami. Kalau kalian berdua bisa mengatur bisnis kalian dengan baik, dan bisa mendapatkan keuntungan, semua keuntungannya untuk keluarga kalian. Tidak ada yang perlu dibagi-bagi lagi.

Di zaman sekarang, ada cara mudah untuk Cosmoners memulai usaha nih. Seperti apa ya?

“Banyak sekali ya sekarang usaha yang minim kerugian, tidak padat modal pula. Jadi kalian nggak perlu menanam banyak uang. Modalnya hanya networking saja. Ibaratnya kita yang menjadi perantara antara produsen dengan konsumen. Seperti jastip lah ya hahaha”

Untuk pembagian tugas, Prita menyarankan agar kalian melakukan pekerjaan yang berbeda dengan suami. Jangan sampai tumpang tindih melakukan pekerjaan yang sama. Selain itu, tanamkan rasa kepercayaan kepada suami kita, agar tidak selalu mengkritik segala pekerjaannya.

Pesan terakhir dari Prita sebelum berpisah dengan Angie dan Yosi adalah cara membagi keuntungan. Namanya juga usaha, pasti ada penghasilan dong, Cosmoners. Tapi, penghasilan itu sendiri berbeda dengan keuntungan. Kalian berdua harus bisa mengalokasikan sesuai dengan pekerjaan yang sudah dilakukan.

“Ini bukan berarti selalu 50:50 ya kalau udah bisnis bareng. Coba dihitung dulu, profit atau tidak. Kalau profit, menurut aku sih lebih baik langsung dimasukkan untuk masalah rumah tangga. Kalau gaji, ya masing-masing aja.”

[teks Adhi Satria | foto Dok. Cosmopolitan FM]

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini!

Baca juga:
Apa benar Princess Diaries 3 sedang diproduksi?
Kendall & Kylie Jenner kembali merilis koleksi bikini
Paris Hilton luncurkan wewangian baru