Bagaimana menghadapi Si Kecil saat tantrum?

Bagaimana menghadapi Si Kecil saat tantrum?

317

Q: Di usia 3-4 tahun, Si Kecil mulai suka tantrum. Ada kalanya bisa sabar menghadapinya, namun ketika tantrumnya mulai berlebihan, saya sering lepas kendali dan marah. Bagaimana agar bisa sabar dan belajar mengurangi kebiasaan tantrumnya?

Cosmoners dari Jakarta

A: Agar bisa sabar adalah sebuah proses. Saya pun sulit untuk bersabar. He..He..He.. Tapi ada satu tips yang dajarkan suami saya yang cukup efektif buat saya.

Saat kita tidak sabar atau mau marah, hitung dalam hati 1-10 atau 1-100 sampai rasa mau marah kita reda. Tentang mengurangi kebiasaan tantrum anak: sebagai orang tua kita harus tegas.

Jangan sedikit-sedikit anak nangis, tantrum, lalu kita beri apa yang diinginkannya. Kalau kita melakukan itu, anak akan terus tantrum karena merasa itulah caranya mendapatkan sesuatu dari kita.

Namun kalau penyebab tantrum itu lebih ke kejiwaan anak (anak berkebutuhan khusus), Anda harus konsultasikan ke dokter yang khusus menangani hal itu.

 

Cosmoners punya pertanyaan seputar pernikahan, keluarga, dan relationship? Kirim saja pertanyaan ke email digital@mramedia.com dengan Subject: Ask Diany Pranata.

Diany Pranata lahir di kota sejuk Bandung dan dibesarkan di Jakarta, 2 November 1970 ini. Sejak sepuluh tahun terakhir nama Diany, demikian panggilan akrabnya, seakan menyatu dengan bidang yang penuh ‘romantisme cinta’ yakni pernikahan. Profile lengkap klik di sini!

[foto: popsugar]

Baca juga:
Ivania Carpio, fashion blogger dengan pakaian serba putih
Happy Hour with The Sasonos Family
Mengenali bakat dan potensi dalam diri