Bincang-bincang bersama founder Du’Anyam

Bincang-bincang bersama founder Du’Anyam

445

Diary Dave bersama Dave Hendrik dan tamu spesial kali ini, Azalea Ayuningtyas, founder dari Du’Anyam, sebuah Weaving Goods brand yang tidak hanya mengeluarkan produk anyaman, tapi juga berusaha “menganyam” kebaikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Ide dari pembuatan Du’Anyam sendiri terbentuk sejak tahun 2013. Azalea bersama dengan teman-temannya ingin membantu ibu-ibu, serta anak-anak di daerah terpencil di Indonesia, salah satunya di NTT.

Azalea bersama rekan-rekannya melakukan riset langsung ke Flores, hingga pada tahun 2014 terciptalah brand Du’Anyam.

Semua produk yang dihasilkan oleh Du’Anyam dilakukan oleh para ibu-ibu rumah tangga di Flores. Namun untuk beberapa produk, ada yang harus dikirim ke Jakarta untuk proses finishing,” cerita Azalea.

Pemilihan perempuan NTT sebagai penganyam produk Du’Anyam, karena perempuan di sana terbiasa untuk menganyam sambil melakukan aktivitas lain seperti memasak, mencuci, dll. Azalea mengatakan niat awalnya membentuk brand ini adalah untuk mensejahterakan kesehatan ibu dan anak di NTT.

Niat mulia yang dibuat oleh Azalea ini disebabkan background dari pendidikannya adalah kesehatan masyarakat. Azalea berusaha untuk melihat masalah-masalah apa yang belum terpenuhi di Indonesia.

Melihat masih kurangnya kesehatan ibu dan anak di daerah NTT, Azalea berusaha untuk mencari peluang untuk memperbaiki masalah tersebut dengan membuat Du’Anyam. Ia melihat NTT masih memiliki kekurangan dalam segala hal, seperti permasalahan ekonomi hingga kesehatan.

Sejak adanya Du’Anyam ini, para perempuan di sana dapat membeli sesuatu untuk kebutuhan sehari-hari, seperti membeli ikan untuk dimasak. Karena sebelumnya, mereka hanya memanen hasil kebun dan dikonsumsi dan tidak sering mereka memiliki uang.

Semangat dan niat yang begitu besar di dunia social enterprise dari Azalea dan tim dalam memajukan kesehatan ibu di anak di NTT, didukung oleh DBS Foundation. DBS Foundation berusaha membantu para wirausaha sosial, tidak hanya di Indonesia tapi juga di regional Asia.

Cosmoners, kalo Azalea Ayuningtyas berani keluar dari zona amannya untuk menjadi wirausaha yang memiliki niat mulia mengembangkan Indonesia, harusnya kita juga pasti bisa kan?

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini!

[teks Angela Wahyudi | foto Instagram @azalea.ayuningtyas]

Baca juga:
“Life Size” is back starring Tyra Banks!
Gentle birth ala Andien Aisyah
7 Pilihan pustaka untuk Kartini masa kini