Bolehkah anak lakukan gaya hidup sehat sejak dini?

Bolehkah anak lakukan gaya hidup sehat sejak dini?

145

Gaya hidup sehat menjadi tren di kalangan orang dewasa belakangan ini. Hal tersebut ternyata menginspirasi para Moms untuk mengikutkan Si Kecil pada gaya hidup sehat.

Anda mungkin pernah mendengar tentang diet rendah kalori pada anak, diet rendah lemak, raw food vegan, dan membatasi jumlah makanan yang masuk ke tubuh anak. Peraturan gizi Si Kecil dengan berbagai diet kini juga menjadi tren.

Meski tujuan utamanya adalah agar tubuh Si Kecil sehat dan tidak mengalami obesitas, tetapi ternyata hal tersebut kurang baik lho, Moms!

Asupan Penting Si Kecil

Dr. Katja Rowell, M.D., penulis di The Feeding Doctor mengatakan, sebenarnya belum ada bukti bahwa diet rendah lemak dan karbohidrat akan mencegah anak mengalami obesitas. Justru, Si Kecil membutuhkan kalori dari lemak tersebut.

Menurut Dr. Katja, jika orangtua hanya memberi anak sayur-sayuran dan membatasi daging, ia tidak akan mendapatkan asupan kalori yang cukup. Jika memang balita Anda mengalami obesitas, sebaiknya konsultasikan ke dokter mengenai asupan dan jumlah gizi yang dibutuhkan Si Kecil.

Ketahui Kebutuhan Anak

Fenomena lain mengenai asupan Si Kecil di masa kini adalah orangtua cuek dengan gizi anak. Ketua Persatuan Ahli Gizi kota Depok, Dr. Ruri Harini, mengatakan bahwa orangtua masa kini ingin serba praktis dan instan. Hal ini membuat mereka malas untuk membuatkan makanan sehat bagi Si Kecil.

Maka, perlu diingat Moms, jangan sampai kesibukan Anda dan suami membuat gizi anak tidak terpenuhi dengan sempurna. Gunakan gadget dan teknologi untuk mencari tahu seputar asupan sehat untuk Si Kecil.

Untuk membuat makanan sehat tidak sukar, kok. Rachel Gerathy, seorang ahli diet dan nutrisi dari Australia menyarankan agar orangtua mendengarkan dan peka terhadap kebutuhan asupan anak. Perhatikan tanda jika ia lapar atau tidak puas dengan makanannya.

Kemudian, kenalkan Si Kecil dengan beragam jenis makanan. Berikan menu makanan dengan berbagai tekstur dan rasa berbeda agar ia dapat memilah, serta mendapatkan nutrisi yang baik.

Ingat, sebaiknya Anda jangan coba-coba dan menjadikan Si Kecil bahan ‘eksperimen hidup sehat’ Anda agar pertumbuhannya tetap optimal. (M&B/Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

Sumber Mother and Baby Indonesia

Share it