Cara mengatakan “tidak” tanpa merasa bersalah

Cara mengatakan “tidak” tanpa merasa bersalah

121

Apa Anda seseorang yang takut menolak sebuah tawaran? Jika dalam lubuk hati paling dalam Anda ingin berkata “tidak”, maka tidak ada yang menghalangi kecuali diri Anda sendiri. But don’t worry, bagi Anda yang masih perlu latihan, Cosmo berikan beberapa trik agar Anda bisa menolak. Guilt free, of course!

The Sorry

Sebenarnya, jika Anda memiliki pilihan untuk menolak, tidak ada lagi yang perlu dimaafkan. Itu merupakan hak Anda. Yah, namun Anda tidak bisa mengontrol perasaan bersalah yang menyerang. Jadi, sebelum menolak, buktikan rasa penyesalan Anda dengan meminta maaf terlebih dahulu.

Repeat!

Mohon maaf namun saya tidak bisa datang hari Kamis nanti.

Saya sudah punya janji dengan teman, so sorry!

The Thank You

Orang yang menawarkan sesuatu tahu kok bahwa ia ada risiko ditolak. Tapi pasti ia senang jika usahanya dihargai. Maka dari itu, budayakan berterima kasih karena Anda telah menjadi pertimbangan dalam tawaran ini. Coba lakukan dengan nada bahagia dan wajah senang untuk menunjukkan bahwa Anda sebenarnya excited (sekaligus mengasah bakat akting Anda, lol).

Repeat!

Wah, terima kasih ya sudah diajak. Sayang sekali saya harus pergi pada hari itu.

Thank you, tapi sepertinya lipstik ini kurang cocok, deh.

The Sandwich

Gunakan rumus yes-no-yes saat sedang menolak sesuatu. Caranya, Anda menyetujui pernyataan utama si penawar, menolaknya, lalu berikan opsi lain yang lebih nyaman untuk Anda. Nah, sekarang bertukar posisi karena dia yang harus mengatakan iya atau tidak pada tawaran Anda!

Repeat!

Memang cerah sih warnanya, tapi saya kurang sreg. Apa ada warna biru?

Ya, film tersebut bagus. Namun saya lelah setelah bekerja seharian. Gimana kalau nonton Sabtu depan saja?

The Broken Tape

Ketika ada orang yang gigih menawarkan sesuatu, Anda pun harus sama dalam menolaknya. Kehabisan alasan? Tidak masalah. Ulang saja tolakan Anda dengan kata-kata yang sama persis (kalau perlu, dengan nada yang sama pula). Tunjukkan bahwa Anda strong dan tidak akan goyah!

Repeat!

Mau mencoba sampel makanan ini?

Tidak, terima kasih.

Tapi free, lho.

Tidak, terima kasih.

Jika Anda beli sekarang, bisa dapat diskon 50%.

Tidak, terima kasih.

Dicicipi saja sedikit, tidak usah membeli.

Tidak, terima kasih.

(Dan seterusnya……)

The Thinker

Kadang, sebuah keputusan tidak perlu lama dipikirkan. Misalnya ketika ada teman yang menawarkan tiket konser band rock padahal Anda lebih suka berdisko. Tapi kalau Anda langsung menolak, bisa jadi si dia merasa tersinggung. Solusinya? Take your time sebelum langsung menjawab seakan-akan ini keputusan paling sulit di dunia.

Repeat!

Tiket konser rock, ya? Hmmm…. (5 menit kemudian) Ummm… (30 menit kemudian) Bagaimana ya….. (2 hari kemudian) Saya tidak ikut, deh.

The Rules

Akan lebih mudah menolak jika Anda memang memiliki peraturan pribadi mengenai hal yang ditawarkan tersebut. Jika kebetulan tidak punya, yaaa bikin saja on the spot. Toh yang tahu hanya Anda, kan?

Repeat!

Saya pulang saja ya karena harus tidur lebih awal hari ini.

Saya harus menolak cheesecake tersebut karena saya tidak boleh mengonsumsi produk susu.

The Truth

Berbohong tidak pernah membuahkan hasil positif. Selain itu, Anda justru akan makin terbebani dengan rasa bersalah. Bayangkan skenario ini: Anda menolak datang ke sebuah pesta dan mengaku bahwa tante Anda sedang berkunjung. Lalu dua minggu kemudian, sang party host bertanya, “bagaimana tante Anda kemarin?” Anda harus terpaksa bohong lagi. Mau? The truth will set you free!

Repeat!

Maaf ya, saya tidak bisa ikut karena ______________________.

Selamat, ladies! Kini Anda menguasai cara berkata “tidak” dalam berbagai cara. So, berikutnya Anda disodorkan hal yang tidak diinginkan, dare to say NO! (Sky Drupadi / SW / Image: Doc. outnow.ch / GIPHY)

Source: Cosmopolitan Indonesia

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini!

Baca juga:
Jaz, warga negara Brunei yang cinta Indonesia!
Spotted: Cara Delevingne mengenakan Burberry
Kenalan sama Naomi Scott, pemeran Jasmine di live action Aladdin