Cara tepat merawat kain tenun agar awet

Cara tepat merawat kain tenun agar awet

98

Tenun is really a precious fabric! Kini, akses anak muda untuk memakai kain tenun semakin banyak. Banyak brand lokal yang menggabungkan tenun dengan tren dan desain fashion modern.

Kalau kamu memiliki kain tenun asli dan bukan hanya sablon motif pada katun, utuh perawatan ekstra supaya kain tenun milikmu lebih tahan lama dan terjaga bentuknya. Kalau sebelumnya kamu masih bingung cara merawat kain tenun dengan benar, berikut beberapa tips penting dalam merawat kain tenun dari CG!.

1.     Teknik dry cleaning

Kadar pewarna pada setiap tenun terkadang berbeda, girls! Untuk mengeceknya, kamu bisa mencoba mencelupkan kain tenun ke air untuk dua sampai tiga menit. Jika airnya berubah warna atau menjadi keruh, itu berarti pewarna pada kain tenunmu kurang kuat, sehingga untuk menghindari warna memudar, selalu cuci kain tenunmu dengan teknik dry cleaning. Namun, jika setelah kamu cek airnya tetap bening dan tidak berubah warna, kamu bisa mencuci kain tenunmu dengan cara mencuci biasa. Namun, jangan masukkan ke dalam mesin cuci untuk menjaga benang-benangnya, ya!

2.     Lewatkan deterjen

Saat mencuci kain tenun, kamu nggak perlu menggunakan deterjen. Ini dikarenakan bahan kimia pada kandungan deterjen bisa saja merusak warna asli kain. Alternatif terbaik adalah menggunakan sampo atau sabun bayi yang formulanya lebih lembut. Jika memang ingin mencuci dengan deterjen, carilah deterjen khusus yang kini sudah mudah didapatkan di pasaran.

3.     Cuci dengan lembut

Kucek kain dengan lembut ya, girls! Jangan gunakan sikat supaya benangnya tidak keluar dan jadi kusut. Saat ingin mengeringkan kain, cukup gantung tanpa harus memeras supaya kain nggak berubah bentuk atau mengalami penyusutan.

4.     Setrika dengan alas

Setelah kering, menyetrika kain tenun juga harus hati-hati. Supaya warnanya terjaga, setrika bagian dalamnya saja. Cara lainnya adalah dengan menggunakan kertas atau kain tipis supaya alat setrika tidak langsung mengenai benang.

Terakhir, jangan lupa simpan dengan rapi di lemari dan tambahkan kapur barus supaya terhindar dari ngengat atau kutu pakaian, ya!

Source: Cosmo Girl Indonesia

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini!

Baca juga:
Apa benar Princess Diaries 3 sedang diproduksi?
Kendall & Kylie Jenner kembali merilis koleksi bikini
Ulang tahun ke-25, Backstreet Boys akan tur dunia