Cerita di balik motif kain Batik

Cerita di balik motif kain Batik

3746

Batik merupakan warisan kesenian tanah air yang harus dilestarikan. Motif dan corak batik ternyata memiliki arti dan filosofi yang berbeda-beda lho, Cosmoners!

Motif-motif batik yang beragam biasanya dipengaruhi oleh ciri khas atau keyakinan yang ada di setiap daerahnya.

Sekarang, batik sudah digemari banyak orang baik nusantara maupun mancanegara. Tetapi, Cosmoners sudah tahu belum sih cerita di balik kain batik?

Ini dia 6 jenis batik dan ceritanya!

#1 Batik Parang Rusak

Motif batik parang sangat sederhana hanya berbentuk seperti huruf S. Konon katanya, batik parang rusak bisa membawa sial pada pernikahan.

kesolo.com
kesolo.com

Batik ini dipercaya bisa menimbulkan cekcok dan perselisihan bahkan perpisahan. Karena itu, motif parang rusak tak bisa digunakan ke acara pernikahan. Motif parang yang juga memiliki konsep kepemimpinan ini lebih disarankan digunakan untuk upacara kerajaan karena menunjukan strata sosial.

Motif ini dahulunya cukup kramat dan hanya dipakai oleh golongan tertentu dan acara tertentu yang biasanya bukan pernikahan.

batikmagetanbyannisa.com
batikmagetanbyannisa.com

#2 Batik Sidomukti Magetan

Batik ini memiliki motif gambar bambu. Umumnya, kain batik ini digunakan di acara resmi dan upacara adat. Batik Sidomukti Magetan memiliki makna harapan untuk mendapatkan ketenangan lahir batin.

#3 Batik Keraton

batikastriklaten.wordpress.com
batikastriklaten.wordpress.com

Dahulu, batik motif keraton ini tidak bisa dipakai oleh sembarang orang, hanya untuk keluarga Sultan saja yang boleh mengenakannya. Motif batik ini ditemukan oleh putri keraton Yogya yang masih anggota keluarga Sultan. Namun, kini siapapun sudah boleh memakai batik dengan motif keraton ini.

#4 Batik Solo

about.me
about.me

Batik Solo atau yang biasa disebut sebagai batik sogan memiliki warna dan motif berwarna cokelat. Batik Solo memiliki corak seperti gelombang-gelombang sungai Bengawan Solo yang membawa ketenangan.

#5 Batik Kawung

Nah, batik yang satu ini biasanya sering digunakan oleh kakek-kakek di zaman dahulu. Batik Kawung bahkan merupakan salah satu motif batik tertua di Indonesia.

olx.co.id
olx.co.id

Motif kawung ini merupakan gambaran dari buah kawung atau buah aren. Batik Kawung dahulu hanya boleh digunakan sebagai sarung oleh raja maupun permaisurinya.

#6 Batik Megamendung

Batik yang berasal dari kota Cirebon ini memiliki pola berbentuk awan dengan warna gelap seperti biru tua, merah tua, dan warna gelap lainnya.

batik.ar.id
batik.ar.id

Motif ini menggambarkan maskulinitas dan suasana dinamis.

Warna batik Megamendung ini menggambarkan psikologis masyarakat pesisir yang lugas, terbuka dan egaliter. Batik ini juga melambangkan pembawa hujan yang dinanti-nantikan sebagai pembawa kesuburan dalam kehidupan.

Mengenal kebudayaan lebih dalam itu baik Cosmoners, karena tak kenal maka tak sayang bukan? Jadi, sayangilah kebudayaan tanah air kita!

Selamat Hari Batik nasional, Cosmoners!

[teks Dessyana Kosasih | sumber antara news, satujam.com | foto rizkiabdillah.wordpress.com]