Daftar restoran terbaik di dunia

Daftar restoran terbaik di dunia

120

Bertempat di Kota Melbourne, pengumuman World’s 50 Best Restaurant akhirnya digelar Rabu malam lalu waktu setempat. Ratusan undangan dari dunia kuliner berkumpul untuk menyaksikan salah satu pengumuman paling dinanti seputar deretan nama restoran terbaik di dunia.

Sama seperti Asia’s 50 Best Restaurant yang digelar beberapa waktu lalu, World’s 50 Best Restaurant merupakan acara tahunan yang diprakarsai oleh William Reed Business Media. Daftar ini dibuat berdasarkan voting yang melibatkan lebih dari 1.000 ahli di dunia kuliner, seperti chef, restaurateur, food writer, dan tentunya well-traveled gourmet.

Menduduki peringkat pertama sebagai restoran terbaik di dunia adalah Eleven Madison Park. Restoran yang berlokasi di New York ini berada di bawah kendali chef Daniel Humm yang juga bertindak sebagai co-owner dari restoran yang dikenal berkat hidangan modern Eropa dengan sentuhan khas New York.

Celery’s Root in Pig’s Bladder. (Courtesy of World’s 50 Best Restaurant)

Hidangan andalan dari Eleven Madison Park adalah Honey Lavender Roasted Duck, serta seven course-tasting menu yang tak pernah gagal memuaskan pengunjung

Sementara itu di posisi kedua adalah Osteria Francescana yang tahun lalu duduk di posisi pertama. Populer berkat interpretasi modern dari kuliner Italia, restoran ini juga menjadi restoran terbaik di Eropa serta merupakan three michelin stars restaurant. Chef Massimo Bottura sebagai kapten dari Osteria Francescana juga merupakan sosok yang popular dalam ranah kuliner Italia.

Kreasi chef Massimo yang paling populer adalah Five Ages of Parmigiano Reggiano serta serta dessert unik Oops! I Dropped the Lemon Tart.

Merupakan salah satu destinasi kuliner terbaik di dunia, El Celler de Can Roca yang sempat berada di posisi pertama sebanyak dua kali, kini duduk di posisi ketiga. Di bawah arahan tiga bersaudara Roca, yakni Joan Roca sebagai  execiutive chef, Josep Roca bertindak sebagai sommelier, dan Jordi Roca selaku pattisier, restoran ini menyajikan hidangan Catalan kontemporer.

Cuttlefish with Sake Lees and Black Rice Sauce. (Courtesy of World’s 50 Best Restaurant)

Ada dua menu favorit yakni Classic menu yang terdiri dari tujuh hidangan, seperti udang yang disajikan dengan cuka, serta edible parfume dessert, atau Feast yang merupakan menu dengan 14 course, di mana salah satu sorotannya adalah hidangan Cuttlefish with Sake Lees and Black Rice Sauce.

Selain memberikan penghargaan bagi restoran, disebutkan pula beberapa individu terbaik dalam dunia kuliner. Salah satunya adalah Dominique Ansel yang dikenal sebagai penemu Cronut. Pastry Chef yang baru saja membuka outlet Dominique Ansel Bakery di Ginza ini dinobatkan sebagai The World’s Best Pastry Chef 2017.

(Courtesy of Hisa Franko)

Sementara Ana Roš, chef asal Slovenia dinobatkan sebagai Best Female Chef 2017 berkat prestasinya membawa restoran Hisa Franko sebagai salah satu destinasi kuliner terbaik di dunia.

(Foto: Paolo Terzi untuk World’s 50 Best Restaurant)

Source: Harpers Bazaar

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini!

Baca juga:
Seru-seruan bareng Be3 di Love Is In The Air Concert!
Bella Hadid open up as a Moslem!
Britney Spears is returning to Disney!