Dilema kehamilan anak pertama

Dilema kehamilan anak pertama

185

Dalam ParenThink bersama Mona Ratuliu dan Claudia Lengkey, membahas mengenai drama kehamilan anak pertama yang sering kali dirasakan oleh para calon ibu.

Biasanya, yang paling sering dirasakan adalah morning sickness. Mual-mual di pagi hari, bahkan seringkali berlanjut hingga seharian. Lalu sedikit-sedikit takut alias parno, tidak berani melakukan aktivitas seperti biasa.

Karena sedikit-sedikit takut itulah juga sering menyebabkan ibu hamil menjadi rentan stres. Padahal, ibu yang stres bisa memberi dampak buruk terhadap janin. Hal itu juga bisa berpengaruh terhadap perilaku anak nantinya.

Bagaimana caranya agar tidak mudah merasa stres?

Banyak cara untuk tidak stres pas hamil. Yang bisa Anda lakukan adalah istirahat yang cukup, mendengarkan musik yang menenangkan, mengingat hal-hal yang indah, lalu konsumsi makan makanan bergizi.

Penting pula untuk merasakan rasa nyaman yang alami. Rasa nyaman alami tersebut bisa berasal dari asupan nutrisi yang tepat. Makanan wajib saat hamil itu ada ikan salmon, tuna, kacang ijo, daging ayam kalkun, yoghurt, buah segar.

Air putih juga tidak kalah penting. Bahkan, ibu hamil harus mengonsumsi air putih lebih banyak dari yang tidak hamil, agar mencegah terjadinya dehidrasi.

Kalau Cosmoners masih sering merasa takut, penting untuk berbicara kepada orang yang dipercaya. Misal, cerita kepada suami, kepada teman-teman, sesama ibu yang sudah berpengalaman atau yang sedang sama-sama hamil pertama.

Membuat rencana mengasyikkan seperti babymoon, liburan atau dll juga baik untuk ibu hamil. Hal itu dapat menghibur Anda dan melupakan segala stres dan ketakutan yang dirasakan.

Komunikasi terhadap janin pun harus rutin dilakukan, demi menumbuhkan hubungan batin antara ibu dan anak. Hal ini pun juga berpengaruh untuk mengurangi stres yang dialami sang ibu.

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini!

[teks Gabriella Sakareza | foto huggies.com]

Baca juga:
Kim Kardashian dituntut akibat case ponsel
Gaya busana Rihanna di video klip Loyalty
Berbusana Ala Disney Princess: Elsa