Ide perayaan Hari Valentine

Ide perayaan Hari Valentine

477

Valentine’s Day, sebuah hari yang lekat maknanya dengan perayaan kasih sayang. Meskipun Anda tidak perlu menunggu datangnya Valentine’s Day untuk menunjukkan rasa cinta kepada seseorang, baik itu pasangan, orang tua, saudara, atau sahabat, tidak ada salahnya jika Anda turut mempersiapkan sesuatu yang spesial pada hari ini.

Dan bagi Anda yang selama ini sibuk dengan pekerjaan atau sekolah dan merasa kurang memperhatikan your loved ones, inilah saat yang tepat untuk “menebus”-nya. Jangan berhenti pada acara standar yaitu ajakan makan malam atau memberikan bunga dan cokelat. Lakukan hal-hal lain yang dapat membuat perayaan ini lebih sempurna.

Kali ini, Bazaar akan memberikan sejumlah ide untuk spice up your Valentine’s Day berdasarkan pada love language Anda atau pasangan.

Seperti yang Anda ketahui, terdapat lima love languages atau bahasa cinta, dan biasanya hanya satu yang dominan pada diri seseorang.

Kelimanya adalah: words of affirmation (kata-kata afirmasi), acts of service (melayani), receiving gifts (menerima hadiah), quality time (menghabiskan waktu berkualitas bersama), dan physical touch (sentuhan fisik).

Jika Anda belum yakin Anda masuk ke dalam kategori mana, Anda dapat mengeceknya di situs 5lovelanguages. Dan jika Anda sudah mengetahui bahasa cinta Anda yang dominan, berikut sejumlah ide sederhana agar perayaan hari Valentine Anda menjadi sedikit lebih menyenangkan.

1. Words of afirmation / Kata-kata afirmasi

Orang dengan bahasa cinta ini menganggap penting bagi seseorang untuk mengungkapkan langsung rasa cintanya lewat kata-kata seperti “I love you” atau “Aku sayang kamu”. Mereka pun akan mengatakannya kepada orang yang disayang tanpa ragu.

Anda dapat menulis (atau mencari di internet) sebuah puisi atau quote dari penulis favorit yang berisi ungkapan cinta Anda. Tidak perlu memilih ungkapan yang terlalu “literally“, sedikit kiasan atau yang mengandung hal-hal yang hanya Anda berdua ketahui, akan lebih bermakna. Tuliskan di secarik kertas, selipkan di tempat yang akan mudah terlihat oleh sang penerima ucapan, seperti di dalam tas.

Yang lebih mudah: Rekam suara Anda mengucapkan selamat hari Valentine dilengkapi 10 hal yang Anda suka tentangnya di smartphone pasangan, siapkan alarm di waktu tak terduga, minta ia mendengarkan rekaman yang telah Anda siapkan tersebut.

2. Acts of service / Tindakan melayani

Berbeda dengan yang di atas, bagi orang-orang dengan bahasa cinta ini, action speaks louder than words. Kegiatan apapun yang akan membantu mereka, akan dilihat sebagai tanda cinta.

Pergilah ke supermarket untuk membeli kudapan dan minuman kesukaan pasangan. Setelah itu, batalkan reservasi restoran yang sudah dibuat dan masaklah makanan kesukaannya di rumah. Atau jika ia juga senang memasak, kegiatan masak bersama akan menjadi lebih berarti.

Yang lebih mudah: Antarkan makan siang pasangan ke kantornya dari restoran favoritnya, apalagi jika letak restorannya jauh. Atau sekadar muncul di kantornya tanpa janjian sebelumnya untuk mengajak makan siang bersama.

3. Receiving Gifts / Menerima hadiah

Bagi sejumlah orang, hadiah adalah cara mereka tahu bahwa mereka dicintai. Mereka tidak hanya senang menerima hadiah dalam bentuk apapun, besar, kecil, baru, bekas, mahal, atau murah, tapi juga akan dapat merasakan apabila sang pemberi hadiah benar-benar mengenal mereka atau benar-benar memikirkan kado apa yang tepat baginya. Karena, mereka juga melakukan hal yang sama. It’s the thought that counts.

Kirimkan semacam sebuah care package ke kantornya. Anda bahkan dapat membaginya ke dalam kategori berbeda. Misalnya snack atau kue jajanan pasar favorit di satu kotak, obat-obatan di kotak lain, dan satu kotak berisikan permainan ringan seperti kartu. Jangan lupa beri label yang lebih personal seperti: “for when you’re not feeling well” untuk kotak obat.

Yang lebih mudah: Daftarkan ia berlangganan majalah favoritnya, baik majalah fisik atau majalah online.

4. Quality time / Menghabiskan waktu bersama

Menghabiskan waktu bersama yang dimaksud bukanlah duduk menonton film bersama-sama. Namun, melakukan hal bersama-sama mulai dari yang sederhana seperti mengobrol tanpa gangguan, sampai yang membutuhkan tenaga seperti berolahraga bersama.

Orang dengan bahasa ini membutuhkan perhatian penuh saat Anda bersamanya dan smartphone yang terus berdering tidak akan membantu Anda.

Rencanakan sebuah kejutan berupa perjalanan ke luar kota pada akhir pekan setelah Valentine’s Day. Pilihlah destinasi yang tidak terlalu ramai, dan menginaplah di hotel yang romantis. Amanjiwo di Magelang adalah salah satu tempat rekomendasi Bazaar.

Resort ini tidak memiliki televisi, sehingga dipastikan Anda akan menikmati waktu berdua. Sarapan dengan pemandangan Candi Borobudur yang magis akan turut menambahkan momen romansa dalam perjalanan ini.

Yang lebih mudah: Setelah makan malam, berjalan-jalanlah mengelilingi kota. Bagi Anda yang berada di kota besar, tentu saja Anda harus berkeliling menggunakan mobil. Terus berkendara tanpa tujuan, sambil mengobrol. Tentu saja jangan lupa untuk mematikan fitur dering dan getar smartphone.

5. Physical touch / Sentuhan fisik

Mungkin Anda berpikir bahwa bahasa ini adalah yang paling mudah dilakukan. Namun, jika pada dasarnya Anda bukanlah seorang hugger atau kerap menghindar jika seseorang akan menyentuh Anda, Anda akan kesulitan melakukannya.

Inisiasikan sebuah pelukan atau ciuman pertama kali. Hal sederhana ini dapat sangat berarti bagi seseorang dengan bahasa cinta sentuhan fisik.

Usahakan untuk menggenggam tangannya, menyentuh bahunya, memeluknya dari belakang, secara kasual. Ingat, Anda tidak perlu melakukannya di depan banyak orang. Lakukan hal ini lebih sering saat hari kasih sayang akan membuatnya lebih bermakna.

Yang lebih mudah: Berikan pijatan ringan kepada pasangan di area leher, atau bahu, atau seluruh bagian belakang. Gunakan minyak aromatherapy berbahan tuberose, jasmine, atau sandalwood yang seksi.

A photo posted by Zayn Malik (@zayn) on

(Foto: Elena Polovinko/Shutterstock.com. Dok. Instagram, Courtesy of Aman Resorts)

Source: Harpers Bazaar

Cosmoners, yuk terus dengerkan Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini!

Baca juga:
Rihanna berpose sebagai tokoh sejarah Amelia Earhart
Tren rambut glow in the dark
5 Ciri anak dengan EQ tinggi