Influential Women bersama Direktur PT. MRT Jakarta

Influential Women bersama Direktur PT. MRT Jakarta

689

Influential Women di Happy Hour kali ini berbincang-bincang dengan Silvia Halim, seorang Direktur Konstruksi PT. MRT Jakarta.

Seperti yang kita ketahui nih Cosmoners, saat ini Jakarta sedang mengalami pembangunan besar-besaran dalam pembuatan MRT atau singkatan dari Mass Rapid Transit Jakarta atau Angkutan Cepat Terpadu Jakarta. Beberapa dari Cosmoners juga pasti sering terjebak kemacetan akibat proses pembangunan MRT ini.

Namun tahukah kalian, bahwa salah seorang Direktur dibalik pembangunan besar-besaran ini adalah seorang perempuan? Silvia Halim namanya. Perempuan ini bisa dibilang memegang peranan yang cukup besar dalam pembangunan ini.

Sebelum menjabat menjadi Direktur konstruksi di PT. MRT Jakarta ini, ia sebelumnya menjenjang pendidikannya di Nanyang Technological University dengan jurusan Teknik Sipil. Saat ditanya alasannya mengapa mengambil jurusan yang terbilang jarang diminati oleh seorang perempuan, ini dia alasannya.

Silvia mengaku juga memiliki suka duka dalam proses perkuliahan, dukanya adalah hanya sedikit memiliki teman perempuan dan bisa dibilang temannya hampir seluruhnya laki-laki. Sukanya dalam berteman dengan laki-laki adalah sedikitnya drama atau emosi dalam pertemanan.

Bisa dibilang pekerjaannya sekarang sangat jauh berbeda dari cita-citanya di masa kecil, saat kecil ia bercita-cita menjadi seorang dokter. Ia juga menceritakan mengapa pada akhirnya memilih jurusan tersebut.

Dengan bertolak ke Singapura, menjadi kunci utama seorang Silvia untuk bisa belajar mandiri. Maka dari itu ia memilih jurusan itu.

Silvia mengaku, tidak ada penyesalan telah memilih jurusan ini ketimbang jurusan kedokteran. Ia menyadari sepertinya ia juga tidak mampu untuk menjalani perkuliahan kedokteran.

Silvia menjelaskan pekerjaanya selama bekerja di PT. MRT Jakarta.

Hambatan dalam menjalani pekerjaan ini adalah di area koordinasi, karena terlalu banyak pihak yang terlibat dalam proses pembangunan MRT ini. Serta harus juga berkoordinasi dengan pemilik utilitas, dan juga warga. Karena adanya pembangunan ini memungkinkan berbagai gangguan atau atau dampak bagi sekitar.

Sebagai seorang wanita, bagaimana Silvia menempatkan diri di profesinya yang hampir selalu dikelilingi laki-laki. Sebagai perempuan yang bekerja diantara lingkungan yang hampir selurunya laki-laki sangat diperlukan, karena pendapat perempuan sangat diharapkan.

Dalam menyeimbangkan antara pekerjaan dan keluarga. Baginya yang saat ini masih berstatus single, tidak menjadi kesulitan. namun tetap meluangkan waktu untuk keluarga yaitu orangtua, teman dan sahabat.

Silvia juga memiliki kebiasaan yaitu banyak berdoa dalam segala hal. Dengan pekerjaan yang banyak dan harus dikerjakan sehingga membuatnya menjadi stress, dibutuhkan kekuatan iman untuk menguatkannya dalam pekerjaan dan keseharian dalam hidupnya. At the end of the day, Silvia selalu menjabarkan ulang apa yang telah dilakukan hari itu, sehingga bisa memperbaikinya dikemudian hari.

Silvia mengaku juga memiliki me time, yaitu yoga, pilates, running dan dance class. Namun dengan kesibukan yang segudang, saat ini ia hanya melakukan running. Sulit rasanya untuk melakukan banyak aktivitas dengan kesibukan yang segudang.

Dalam memaknai arti Hari Raya Kartini, Silvia mengajak untuk terus memprioritaskan pendidikan untuk semua masyarakat terutama perempuan. Sebagai wanita modern di Indonesia, baginya sebagai wanita yang sudah memiliki banyak kesempatan dalam banyak hal, janganlah membatasi diri sendiri, lakukanlah apa yang dirasa mampu untuk meningkatkan kemampuan diri sendiri.

Janganlah takut dalam menjalankan segala hal, jangan biarkan ketakutan menghalangi kalian untuk melakukan apa yang kalian ingin lakukan. Itulah pesan dari Silvia Halim untuk para Cosmoners.

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini!

[teks Angela Wahyudi | foto dok. Cosmopolitan FM]

Baca juga:
Gaya personal zodiak: Taurus
Cerita “Nirmala” bersama Petra Sihombing
Lily James tampil polos di film terbaru