Ingin Online Interview? Baca Tips Berikut Ini!

Ingin Online Interview? Baca Tips Berikut Ini!

98
Selain harus memiliki skill yang dibutuhkan, aturan soal online interview ini juga perlu Anda ketahui. Make sure you put this on front of your mind.
25% Body Language
Judy Sahay, Director of Crowd Media Group, mengatakan bahwa ia pernah melakukan wawancara lewat Skype, dan orang yang diwawancara terlihat gugup ketika wawancara dimulai.
β€œTak salah jika Anda gugup di awal wawancara – hal ini justru menunjukkan bahwa Anda benar-benar menginginkan pekerjaan tersebut. Namun sejalannya waktu, Anda harus terbiasa dan menguasai diri dengan baik,” ujar Judy.
Tips lain dari Judy: buat kontak mata ketika sedang wawancara, tak peduli segugup apapun Anda. Berpaling di tengah wawancara (terutama ke arah kiri Anda) menunjukkan bahwa Anda sedang berbohong.
25% Professional Clothing
Anda tak bisa bergantung hanya pada kemampuan dalam menjawab pertanyaan wawancara. Meski tak bertemu secara langsung, penting untuk memilih pakaian yang pantas ketika akan online interview.
Nah, alih-alih menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang berani, beberapa warna seperti warna merah justru cenderung menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang suka menentang.
Nerissa Chaux, Co-founder Brown & Chase Talent Acquisition & Advisory, berkata bahwa warna gelap seperti navy, hitam, atau abu-abu adalah warna yang sangat dianjurkan untuk wawancara online.
25% The Right Space
Untuk kualitas gambar yang baik, cari ruang dengan latar belakang berwarna cerah, dan pastikan tak ada lampu atau jendela di belakang agar siluet Anda tidak terlihat gelap di layar kamera. Pastikan juga agar ruangan Anda tidak terlihat berantakan dan penuh dengan berbagai barang.
25% A Quality Camera
Bila Anda menggunakan laptop untuk online interview, maka tumpuk beberapa buku di bawah laptop agar fokus kamera jatuh pada keseluruhan wajah Anda, bukan pada dagu.
Jika laptop Anda tidak memiliki kamera, maka pastikan webcam Anda terpasang dengan baik agat tidak jatuh atau bergerak di tengah wawancara.
Cosmo Tip:
Tuliskan semua hal penting di sticky notes, lalu tempelkan di pinggir layar komputer Anda; seperti waktu wawancara Anda, nomor telepon yang harus Anda hubungi, jabatan yang Anda lamar, nama sang pewawancara serta apa jabatannya (juga pelafalannya jika nama atau jabatannya ternyata jarang Anda dengar). Good luck, dear!
(Alvin Yoga / SW / Image: Dok. Outnow.ch)

Source: Cosmopolitan