Ini dia penyiar radio yang menyebarkan kemerdekaan RI

Ini dia penyiar radio yang menyebarkan kemerdekaan RI

284
Jusuf Ranodipuro
Jusuf Ranodipuro (tengah) dan keluarganya

Namanya memang tidak setenar Soekarno ataupun Bung Hatta. Namun, jasa Jusuf Ronodipuro yang menyebarkan berita proklamasi kemerdekaan Indonesia ke seluruh penjuru dunia sangatlah besar.

Cosmoners terbayang gak sih, jika Ronodipuro tidak mengumandangkan kemerdekaan Indonesia ke penjuru dunia? Mungkin saja Indonesia akan kembali dijajah negara lain.

Jepang sempat mempersulit Indonesia untuk mengumandangkan kemerdekaannya, namun Jusuf Ronodipuro yang saat itu bekerja sebagai reporter di radio Hoso Kyoku nekat membuat pemancar baru di markas aktivis Menteng 31.

Lokasi inilah yang merupakan markas berkumpulnya pejuang muda Indonesia saat itu. Saat itu, Ranodipuro juga dibantu oleh beberapa teknisi radio yakni Sukarman, Sutamto, Susilahardja dan Suhandar. Setelah berhasil membuat pemancar baru, Ranodipuro menyebarkan kabar kemerdekaan Indonesia ke seluruh penjuru dunia.

Ranodipuro juga merupakan salah satu pendiri radio pertama di Indonesia yaitu Radio Republik Indonesia atau RRI pada tanggal 11 September 1945.

RRI yang kala itu diperebutkan sempat direbut Tentara Kerajaan Belanda tahun 1946. Naasnya, Ronodipuro ditangkap dan dipenjara pada tanggal 21 Juli 1947. Namun, setelah Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia tahun 1949, Yusuf Ronodipuro kembali menjabat sebagai Kepala RRI Serikat.

[teks Dessyana Kosasih/ sumber wikipedia | foto cyberspaceandtime.com]