#KarenaRadio: 40 Fakta Menarik tentang Radio di Hari Radio

#KarenaRadio: 40 Fakta Menarik tentang Radio di Hari Radio

2056

Cosmoners, tentu radio telah menjadi teman perjalanan Anda dalam waktu yang lama. Siapa nih yang sudah mendengarkan radio sejak kecil?

Tentu radio sudah menemani perjalanan hidup Anda dari mulai berangkat ke sekolah bahkan ke kantor.Ya, radio tentu menjadi teman semua orang.

Nah, tahu tidak sih, ternyata ada banyak fakta-fakta menarik yang perlu Anda ketahui di balik radio lho. Berikut fakta-fakta unik seputar dunia radio yang perlu Cosmoners ketahui:

1. Radio pernah menjadi salah satu produk elektronik yang paling banyak dicari orang selain televisi dan komputer.

2. Radio siaran pertama di Indonesia (Hindia Belanda) ialah Bataviasche Radio Vereniging (BRV) di Jakarta (Batavia), yang secara resmi berdiri 16 Juni 1925.

3. Radio Republik Indonesia (RRI) terbentuk pada 11 September 1945 dan kini diperingati sebagai Hari Radio Nasional.

4. TRAX FM Semarang pernah siaran on-air secara menggantung dari ketinggian 6 meter selama 3 jam, 14 menit tahun 2011, mereka bisa masuk rekor MURI.

5. Daya imajinasi bisa meningkat karena radio. Bagaimana tidak, seringkali dengan hanya mendengar cerita tanpa melihatnya, kita langsung membayangkan skenario yang terjadi.

6. Farhan dan Indy Barends jadi penyiar talk show pertama di Indonesia yang siaran 32 jam non stop (radiothon) pada tahun 2002 di Hard Rock FM dan masuk rekor MURI.

7. Survei eMarketer 2013: Orang Amerika dua kali lebih banyak mendengarkan streaming radio online dibanding musik melalui smartphone mereka.

8. Survei eMarketer 2013: Sebanyak 147 juta orang Amerika diketahui mendengarkan radio online setidaknya sekali dalam sebulan.

guglielmo-marconi
Guglielmo Marconi adalah orang pertama yang mematenkan radio | Sumber: .facts-about.org.uk

9. Guglielmo Marconi, insinyur listrik Italia, merupakan orang pertama yang mematenkan radio pada tahun 1900. Ia membutuhkan waktu 9 tahun untuk menemukan radio yang sebenarnya.

12. Di Inggris pada tahun 1922 – 1971, masyarakatnya tidak bisa mendengarkan radio karena tidak memiliki lisensi.

13. Edward Howard Armstrong dari AS adalah penemu gelombang modulasi frekuensi modern (FM) radio yang diperkenalkan pada tahun 1933.

14. Untuk memperkenalkan temuannya pada dunia, tahun 1940, Edward Howard Armstrong mendirikan stasiun radio FM pertama di Alpine, New Jersey.

06-titanic-leaves-southampton-620x413
Karena radio, lebih dari 700 orang terselamatkan | Sumber: lifedaily.com

15. Radio digunakan sebagai alat komunikasi kapal Titanic dan kapal terdekat lainnya untuk menyelamatkan penumpangnya.

16. Sandiwara radio sangat populer di tahun 80-an seperti sandiwara “Saur Sepuh”, “Tutur Tinular”, “Misteri Gunung Merapi” (sampai dijadikan versi sinetron), dan “Mak Lampir”.

17. Proklamasi kemerdekaan RI bisa didengarkan ke seluruh dunia menggunakan sebuah pemancar radio revolusioner yang dibuat sendiri oleh seorang amatir radio bernama Gunawan.

18. Karena radio mereka bisa mencuat menjadi selebriti. Ini dia selebritis yang mengawali karier sebagai penyiar radio: Farhan, Indy Barends, Sarah Sechan, Arie Dagienkz, Ringgo Agus Rahman, Fitri Tropika, Desta, Pandji Pragiwaksono, dan Choky Sitohang.

19. Motz Wooden FM merupakan radio terkecil di dunia berukuran 37 x 26 x 19 mm dengan bobot hanya 17 gram. Harga Motz sekitar Rp 350 ribu. #KarenaRadio

20. Kayu merek Magno asal Temanggung memiliki design yang unik, radio ini pernah meraih penghargaan Internasional Design Resource Award di Seattle, AS, tahun 1997.

21. Radio kayu merek Magno asal Temanggung, Jawa Tengah, cukup dikenal di Jepang, Jerman dan AS. Harganya Rp 1,1 juta – 1,3 juta per unit.

22. Radio dianggap jadi bagian penting dalam hidup masyarakat, menurut UNESCO, lebih dari 95 persen populasi dunia memiliki radio.

23. Radio adalah “Theater Of Mind” atau panggung pikiran, maka penyiar dituntut untuk memiliki keunikan dalam menyampaikan materi siaran sehingga pendengar bisa membayangkan kata-kata yang mereka sampaikan.

24. Karena Radio kita bisa mengasah ketajaman konsentrasi bahkan bisa mempermudah menyerap pelajaran. Yuk, sering mendengarkan radio.

25. Radio adalah satu-satunya medium berita yang meningkat di Rusia sejak tahun 2008.

elaina-smith
Elaina Smith merupakan penyiar radio termuda | Sumber: allwomenstalk.com

26. Elaina Smith adalah penyiar radio termuda di Inggris yang berusia 7 tahun dan mengisi program soal percintaan.

27. Penyiar Wilson Casey dari AS pernah masuk rekor dunia siaran tanpa henti selama 30 jam dan menanyakan 3.303 pertanyaan trivia pada 9-10 Jan 1999.

28. Kimberley Perez asal AS pernah dinobatkan sebagai penyiar termuda di dunia ketika ia pertama kali siaran pada usia 5 tahun.

29. Pesawat penerima radio dijual umum pertama kali tahun 1919 dengan tujuan agar musik, berita, dan informasi dapat disiarkan ke dalam rumah.

30. Pada Perang Dunia II, radio digunakan untuk menyalurkan perintah, dan komunikasi antara Angakata Darat dan Angkatan Laut.

31. Karena Radio Jerman tetap bisa mengkomunikasikan pesan diplomatik mereka ketika kabel bawah lautnya dipotong oleh Britania.

32. KDKA of Pittsburgh, Pennsylvania merupakan radio komersial pertama di dunia.

33. Karena Radio dianggap penting kehadirannya, maka hampir di setiap produk telepon selular (ponsel) selalu dibenamkan fitur radio.

34. Radio selalu beradaptasi terhadap perkembangan zaman, sekarang ini radio bisa didengarkan di mana saja melalui web, mobile apps, dan di Facebook.

35. Survei Ipsos 2015: radio masih jadi pilihan utama untuk fitur hiburan di dalam mobil. “Mereka tidak akan membeli mobil tanpa radio,” kata Thomas Spinelli, Vice President Ipsos MediaCT.

36. Radio sifatnya menemani, maka mendengarkan radio ketika menyetir mobil dinilai sebagai kombinasi ideal.

37. Sejak 2010 – 2015, orang-orang Amerika yang mendengarkan radio digital (seperti Pandora, iHeartRadio, atau Google Play Music) naik dua kali lipat.

38. Di AS, 75 persen mobil baru punya fasilitas untuk mendengarkan radio satelit. Diperkirakan pada 2025, jumlah kendaraan yang punya radio satelit bertambah menjadi 185 juta unit.

39. Para analis berpendapat tak mudah “membunuh” radio. Karena Radio masih bertahan sebagai medium utama hiburan di mobil.

40. Karena Radio grup lawak legendaris Warkop DKI semakin populer dengan merambah dunia film.