Kekhawatiran ibu bekerja terhadap tumbuh kembang anak

Kekhawatiran ibu bekerja terhadap tumbuh kembang anak

163

ParenThink yang dibawakan oleh Mona Ratuliu kali ini membahas tentang kekhawatiran ibu bekerja terhadap tumbuh kembang anak.

Cosmoners, menjadi ibu yang memiliki peran ganda memang tidak mudah, namun situasi ekonomi tertentu membuat si ibu tidak memiliki pilihan lain selain bekerja. Seringkali muncul rasa bersalah karena harus menitipkan anak pada orang lain.

Selain itu, perasaan yang seringkali dirasakan adalah perasaan lelah dan perasaan bahwa hidup ini tidak adil. Nah, pikiran dan perasaan seperti itulah yang sering membuat si ibu terpaksa membawanya ke dalam rumah.

Bahaya banget nih Cosmoners, apalagi buat ibu yang mengendarai mobil sendiri ke kantor dan pulang kerumah. Hal-hal seperti itulah yang membuat ibu menjadi sulit untuk merasakan rasa bahagia.

Rasa bersalah yang dirasakan oleh si ibu, menjadikan ibu ingin membayar rasa bersalahnya kepada anak atas waktu yang tidak diberikan akibat ibu terlalu sering bekerja. Dengan membelikan mainan atau membelikan apa yang anak inginkan misalnya, tapi tanpa membiarkan si kecil juga berusaha untuk mendapatkannya.

Namun, ada juga yang mengganti rasa bersalah mereka dengan menghabiskan waktu dengan Si Kecil, misalnya dengan memandikan anak, mengajak bermain, membacakan buku cerita, dan lain sebagainya. Cara-cara seperti ini dapat membuat Si Kecil tahu bahwa sang ibu ingin meluangkan waktu untuk mereka.

Tapi, akibatnya bila ibu ada di rumah, Si Kecil menjadi lebih rewel, sulit disiplin, dan tidak mau untuk diajak mandiri. Sesungguhnya anak tidak perlu diberi kasih sayang yang berlebihan, anak hanya perlu kasih saying yang cukup.

Jadi ketika kita di rumah, cukup lepaskan sejenak rasa keresahan dan tinggalkan masalah kita di kantor, kemudian fokus pada Si Kecil. Sediakan hati untuk mendengarkan cerita-cerita dan keluhan-keluhannya, lalu bermain dan tertawalah bersama si kecil. Biarkan si kecil tetap mandiri dan belajar mengurus dirinya sendiri, bahkan kita bisa mengajaknya untuk membantu kita.

Jadi untuk para ibu bekerja, tetaplah bahagia. Karena kita harus merasakan bahagia dulu sebelum membuat Si Kecil bahagia. Jika memang tidak memiliki pilihan lain selain bekerja untuk menyokomg ekonomi rumah tangga, cobalah untuk melihat segala situasi dari segi bersyukur.

Banyak sekali yang dapat disyukuri dari ibu bekerja, misalnya mendapatkan atau merasakan pengalaman baru di luar sana, serta dapat mengasah kemampuan si ibu.

Hal positif lain yang dapat diambil dari ibu bekerja adalah dapat mengajarkan kepada Si Kecil bahwa mendapatkan segala sesuatu tidaklah mudah, perlu adanya usaha untuk mendapatkannya.

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini!

[teks Angela Wahyudi | foto vemale.com]

Baca juga:
Lana Del Rey menulis sebuah lagu sepulang Coachella
Gaya para selebriti di Coachella 2017
8 Makeover terbaik di film