Kenapa wajah berminyak saat bangun tidur? Ini alasannya!

Kenapa wajah berminyak saat bangun tidur? Ini alasannya!

757

Belum memulai hari tapi wajah terasa berminyak mulai dari bangun tidur di pagi hari, kira-kira apa ya penyebabnya?

Perlu diketahui, kondisi kulit berminyak yang kita alami ketika baru saja terbangun dari tidur adalah karena kelenjar kulit di wajah ketika aktif ketika sedang tidur. Namun bukan hanya itu saja, bisa jadi juga karena kita kurang aware dengan perawatan untuk kulit di malam harinya.

Ingin tahu faktor apa lagi yang menyebabkan kulit Anda berminyak saat bangun tidur? Kita simak yuk, Cosmoners!

  1. Faktor Hormonal

Faktor pertama ini merupakan kondisi alami dari mengapa wajah berminyak saat bangun tidur. Kondisi ini biasnya terjadi pada usia remaja atau belia. Karena, pada usia remaja aktivitas hormonal sedang tinggi tingginya dibandingkan ketika kita sudah dewasa. Sedangkan jika sudah dewasa faktor hormonal biasanya lebih dikaitkan dengan faktor keturunan atau genetik

2. Perawatan wajah yang tidak sesuai dengan jenis kulit

Semua orang tentunya memiliki kulit wajah yang berbeda beda, pada kasus ini jika Anda memiliki kulit yang berminyak, maka hindarilah skin care yang mengandung formula hidrasi, karena biasanya formula hidrasi diperuntukkan bagi mereka yang mempunya kulit cenderung kering. Kebayang dong bagaimana wajah kita akan semakin berminyak kalau skin care-nya tidak sesuai dengan kebutuhan wajah kita?

3. Tidak membersihkan wajah sebelum tidur

Padatnya aktivitas yang dijalani dan sedikitnya waktu beristirahat terkadang membuat sebagian orang menjadi malas untuk membersihkan wajah di malam hari. Terkadang kita merasa mencuci wajah dengan air saja sudah cukup untuk membersihkan kotoran di wajah, namun sebenarnya dibutuhkan pembersih khusus atau skin care untuk membersihkan secara menyeluruh kotoran-kotoran pada wajah yang jika dibiarkan menumpuk dapat menyebabkan jerawat dan komedo.

4. Gunakan skin care sesuai urutan

Sudah memakai skin care sesuai dengan tipe kulit tapi kok masih berminyak ya ketika bangun tidur di pagi hari? Nah, mungkin anda melewatkan beberapa tahapan penggunaan skin care yang benar. Untuk membersihkan wajah di malam hari, basic-nya adalah dengan menggunakan cleanser terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan toner, essence, serum dan yang terakhir baru gunakan night cream anda.

Semoga tips diatas dapat membantu masalah minyak berlebih ketika pagi hari. Selamat mencoba, Cosmoners! 

[teks Nada Inditya Lifa | foto cantikitu]