Langkah wajib saat bayi Anda batuk

Langkah wajib saat bayi Anda batuk

388
CFM AsktheExpert Coughing Baby essential baby

Perpindahan musim hujan ke panas seringkali membuat anak terserang batuk dan pilek. Leher yang terasa gatal seringkali mengganggu aktivtas si kecil. Terlebih apabila hal ini terjadi pada bayi Anda yang belum berusia satu tahun.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Dr. Tiwi pun memberikan langkah-langkah yang perlu orang tua perhatikan:

1. Berilah si kecil air putih hangat dan jangan berikan madu untuk menghindari penyakit botulism infantile. Jika anak Anda sudah berusia di atas satu tahun, Cosmoners bisa memberikan setengah sendok makan atau satu sendok teh dan lihat rekasinya setelah diberikan.

2. Jika si kecil sensitif pada madu, seringkali pemberian madu malah mengundang batuk. Jadi hentikan pemberian madu jika si kecil batuk.

3. Berilah si kecil minum saat anak batuk atau pilek. Air putih dapat melencerkan dahak sehingga mereka dapat mengeluarkan dahak dengan baik.

4. Tidak sama seperti orang dewasa, bayi atau anak-anak biasanya mengeluarkan dahak dari saluran nafas mereka dengan cara menelannya dan mengeluarkannya melalui saluran pencernaan mereka bersamaan dengan buang air besar.

5. Waspadalah bila gejala ISPA terjadi pada bayi-bayi pada usia muda dan belum mendapat vaksinasi lengkap DPT. Vaksinasi DPT berfungsi untuk mencegah penyakit difetri, pertussis, dan tetanus. Sebaiknya lengkapi vaksinasi, termasuk DPT, kepada si kecil.

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini!

[teks Gabriella Sakareza | foto images.essentialbaby.com.au]

Baca juga:
4 Tren Makeup Terbaru dari M.A.C
Emma Watson, The Princess Belle
Keinginan Anne Hathaway & Julie Andrews membuat Princess Diaries 3