Luangkan waktu Anda untuk melakukan hobi

Luangkan waktu Anda untuk melakukan hobi

346

Apakah anda memiliki hobi? Mungkin makan, hangout, atau travelling? Atau anda punya hobi yang lainnya?

Sebenarnya, apa itu hobi? Dan bagaimana sih hobi yang baik?

Dalam Life Balance kali ini bersama Ivy Batuta, Imam Wibowo dan Rosdiana Setyaningrum membahas hobi yang baik untuk kita.

Rosdiana Setyaningrum membagi pengetahuannya mengenai hobi, dimana hobi itu dibutuhkan oleh semua orang. Hobi adalah sesuatu yang menyenangkan, dan jika kita lakukan kita merasa happy atau menjadi stress relief bagi kita.

Tapi jika hobi itu kita merasa merepotkan, itu tidak lagi bisa disebut sebagai hobi. Karena hobi itu seharusnya membuat diri kita merasa enjoy dan bahagia.

Jika awalnya suatu hobi terasa menyenangkan, namun kemudian malah menjadi stress dan merepotkan, maka itu bukanlah sebuah hobi lagi.

Hobi yang tidak baik itu adalah hobi yang kadarnya biasanya sudah kelewatan sehingga malah membuat orang lain risih atau stress akan kegiatan kita.

Terkadang orang lain pun tidak menyukai hobi kita. Ada berbagai alasan mengapa seseorang bisa tidak menyukai hobi kita, seperti waktu yang jadi tersita, membuang-buang uang, merepotkan orang-orang yang berada di sekitarnya, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, jika seseorang tak menyukai hobi kita, patut kita pertanyakan alasannya dulu. Baru setelah itu kita perlu membuat problem solving.

Bisa juga orang tidak menyukai hobi kita dan meributi kegiatan karena orang itu tidak mempunyai hobi. Kegiatan yang tidak dimilikinya membuat ia tidak mengerti dengan yang kita lakukan.

Hobi terhalang kesibukan?

Terlalu sibuk mengurus pekerjaan setiap hari tanpa sempat berhobi, tentu akan membuat kita stres. Ada baiknya meluangkan waktu sebentar sebagai stress relief.

Namun batas hobi juga harus ada. Terlihat jika kita lebih banyak melakukan hobi ketimbang kewajiban, seperti kerja yang menjadi tidak produktif, atau lebih banyak mengeluarkan uang untuk hobi daripada hal yang memang dibutuhkan.

Disinilah dibutuhkan penyesuaian dalam berhobi. Meskipun baik, tapi jangan dilakukan terus-terusan tanpa mengerjakan kepentingan kita. Jangan pula terlalu sibuk dengan pekerjaan.

Cosmoners bisa menentukan waktu untuk berhobi, jadi dalam sehari ditentukan beberapa jam untuk Anda berhobi. Di luar jam berhobi tersebut, silahkan lanjutkan pekerjaan.

Cosmoners, yuk terus dengerin Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini!

[teks Hardianti Budhi | foto huffingtonpost.com]

Baca juga:
Saat anak lebih dekat dengan babysitter
Ketika keluarga “ikut campur” persiapan pernikahan
Destinasi bulan madu di New York