Lukamba Nduma Luri, mengangkat keindahan kain tenun dari Sumba Timur

Lukamba Nduma Luri, mengangkat keindahan kain tenun dari Sumba Timur

183

Lukamba Nduma Luri – benang yang memberi ruh, kain yang memberi hidup‘ merupakan acara pameran foto, video, juga instalasi kain tenun tradisional dari Sumba Timur.

Acara ini diselenggarakan oleh Yayasan Dian Sastro (YDS) yang berkolaborasi dengan Samsung Electronics Indonesia dan Plaza Indonesia dalam rangka memperingati 72 tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Acara ini diadakan di La Moda, Plaza Indonesia sejak tanggal 6 sampai 31 Agustus 2017.

Memperingati 72 tahun Hari Kemerdekaan Indonesia, Yayasan Dian Sastrowardoyo menggelar pameran foto, video, dan instalasi kain tenun tradisional Sumba pada tanggal 6 sampai 31 Agustus 2017, di Plaza Indonesia lantai 1. — Pada pameran ini juga akan diadakan penggalangan dana dengan penjualan kain tenun Sumba Timur. Keuntungan penjualan kain tenun Sumba akan digunakan untuk pengadaan akses air bersih di Wairinding (bekerja sama dengan Waterhouse Project) dan juga untuk renovasi rumah tradisional di desa adat Prainatang , Sumba Timur. — Penggalangan dana (khusus undangan) akan dilakukan pada: 8 Agustus 2017 15.00 – 18.00 La Moda Restaurant, Plaza Indonesia Lt.1 Media Partner : Harper's Bazaar Indonesia Esquire Her World Cosmopolitan — #diansastrowardoyo #LukambaNdumaLuri #pakeikat #pakekain #ikatsumba #tenunsumba #IkatSumbaTimur

A post shared by Dian Sastrowardoyo (@therealdisastr) on

YDS didirikan sejak tahun 2009 ini, memiliki tujuan untuk memajukan bidang pendidikan, pemberdayaan perempuan dan budaya. Dian ingin mengajak semua orang untuk dapat menjadi agent of change dengan berpartisipasi membuat perubahan yang lebih baik.

dok. Cosmopolitan FM

Sumba, merupakan salah satu pulau di Nusa Tenggara Timur. Tidak hanya dikenal dengan keindahan alam serta kekayaan budayanya saja. Tetapi, penduduk yang ramah, kain tenun tradisional Sumba yang sangat cantik juga menjadi ciri khas mereka. Hal ini menjadi salah satu alasan Dian untuk menyelenggarakan acara ini.

dok. Cosmopolitan FM

“Alamnya yang sangat indah, begitu pula kain tenunnya. Kami ingin mengangkat satu hal, bahwa semua daerah di Indonesia bisa menjadi destinasi liburan yang menyenangkan, sekaligus dapat mempelajari budaya negara kita sendiri yang sangat beragam. Kita juga ingin masyarakat Indonesia untuk lebih aware dengan keindahan kain tenun, yang bisa menjadi busana kita sehari-hari. Dengan kita memberi atensi lebih terhadap kain tenun dari Sumba Timur ini, sama saja kita memberdayai para pengrajin tenun yang ada di sana.

Hasil keuntungan dari penjualan kain tenun dalam acara ini pun akan digunakan untuk pengadaan akses air bersih di Warinding, yang telah bekerja sama dengan Waterhouse Project dan juga untuk merenovasi rumah adat yang ada di daerah Prainatang, Sumba Timur.

“Masyarakat di daerah Sumba itu memang sulit sekali keadaannya. Dengan mengadakan kegiatan penggalangan dana ini, kami ingin memberikan sedikit ‘giftback’ bagi masyarakat Sumba yang teramat baik. Untuk akses air bersih saja, itu jauh sekali. Dengan adanya penggalangan dana ini, kami harapkan dapat membantu untuk mensejahterakan masyarakat Sumba Timur.”

dok. Cosmopolitan FM

Plaza Indonesia yang pada bulan Agustus ini memiliki tema ‘I Love Indonesia,’ juga ingin ikut mengapresiasi para perajin kain tenun tradisional di Sumba Timur dengan menyediakan tempat untuk acara ini. Selain itu, hal ini juga merupakan komitmen Plaza Indonesia untuk terus menghadirkan inspirasi melalui kekayaan budaya Indonesia yang sangat beragam.

“Kami ingin mengajak pengunjung untuk melihat keindahan alam, kehidupan masyarakat, dan ragam budaya yang ada di Sumba Timur.”

I-Listeners, terus dengarkan IRadio FM melalui streaming di sini atau download di iOS dan Google Play Store!

[teks Adhi Satria | foto dok. Cosmopolitan FM]

Baca juga:
Cerita seru masa kecil para personil RAN
Sheryl Sheinafia jadi duta kampanye koleksi terbaru Adidas
5 Topik “terlarang” yang perlu Anda bahas di kantor