Makanan ini “sahabat” wanita saat menstruasi

Makanan ini “sahabat” wanita saat menstruasi

57

Perubahan hormon saat menstruasi akan membuat tubuh wanita terasa tidak nyaman dan membuat Anda tak bersemangat menjalani aktivitas. Tenang saja ladies, tubuh Anda bisa tetap fit dengan mengonsumsi makanan dan minuman berikut ini:

1. Cokelat

Mengonsumsi cokelat, dipercaya dapat memperbaiki mood Anda. Ini karena cokelat dapat memicu produksi serotonin yang mampu meningkatkan suasana hati selama menstruasi.

2. Kacang-kacangan

Kacang kenari dan almond merupakan sumber zat besi yang baik dan dipercaya dapat membantu mengembalikan zat besi di tubuh. Untuk saat ini, hindari pistachio karena mengandung banyak garam yang bisa menahan keluarnya cairan saat menstruasi.

3. Ikan

Hormon prostaglandin adalah salah satu faktor terjadinya kontraksi otot dan nyeri haid. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi asam lemak omega-3 seperti yang terkandung di salmon dan tuna untuk membantu relaksasi otot agar tidak kram.

4. Sayuran HIjau

Sayuran hijau mengandung kalsium, magnesium, dan kalium yang dapat membantu meringankan dan mencegah nyeri perut. Tak hanya itu, sayuran hijau juga kaya akan vitamin K untuk mencegah kekurangan darah.

5. Daging

Selama menstruasi, Anda akan kehilangan banyak darah. Ini berarti tubuh perlu lebih banyak asupan zat besi yang bisa diperoleh dari daging.

6. Air Mineral

Masalah yang sering terjadi saat menstruasi adalah dehidrasi. Selama periode menstruasi, wanita akan kehilangan banyak cairan dalam tubuhnya. Biasakan minum dua liter air setiap hari dan kurangi mengonsumsi kopi atau teh, sebab kafein dapat membuat perut tak nyaman.

Source: Cosmopolitan Indonesia

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM melalui streaming di sini, atau download melalui iOS dan Google Play Store!

Baca juga:
Breaking! Christina Perri hamil
Camila Cabello meluncurkan dua lagu baru
5 Gaya para selebriti Hollywood saat ke pesta