Memperingati International Women’s Day

Memperingati International Women’s Day

294

Setiap tahunnya pada 8 Maret, seluruh wanita di berbagai belahan bumi merayakan hari di mana di mana kontribusi dan peran para perempuan menjadi sorotan. Disebut International Women’s Day, atau Hari Perempuan Internasional.

Untuk tahun ini, tema yang diusung untuk Hari Perempuan Internasional adalah segala hal tentang perubahan. Dengan hashtag #BeBoldForChange.

Tahun ini lebih difokuskan pada gerakan untuk menyemangati (terutama wanita) agar berani mengambil langkah nyata dan memberikan terobosan baru dalam membantu mewujudkan kesetaraan gender.

Di Jakarta sendiri, telah diadakan aksi jalan kaki yang diikuti oleh para ratusan wanita, dengan menyuarakan hak wanita yang sesungguhnya. Mereka berjalan dari Sarinah sampai Istana Negara.

Tidak hanya Indonesia, pada 8 Maret waktu London, Inggris diadakan aksi kampanye bertema Stand up to #ArtWorldSexism di Trafalgar Square. Aksi ini menyoroti dunia seni modern, di mana masih ada ketidaksetaraan gender yang signifikan antara seniman pria dan wanita.

Kemudian di Los Angeles, Amerika Serikat, diadakan pula sebuah diskusi bertema International Women’s Day Lightning Talks. Diskusi ini akan membahas karier dan seputar teknologi di dunia wanita bekerja.

Hari Perempuan Sedunia umumnya dirayakan secara berbeda di berbagai negara. Afghanistan, Armenia, Azerbaijan, Belarus, Kambija, Kuba, Turkmenistan, Uganda, Ukraina hingga Vietnam menjadikan tanggal 8 Maret sebagai hari libur nasional.

Sementara di China dan Nepal, hari libur ini dipersembahkan hanya untuk perempuan. Sejumlah negara lain merayakan Hari Perempuan Internasional selayaknya Hari Ibu, dengan memberikan hadiah kepada ibu, kekasih atau kakak/adik perempuan seikat bunga atau hadiah lainnya.

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini!

[teks Gabriella Sakareza / sumber wolipop.detik.com | foto india.com]

Baca juga:
3 Seri tas terbaru dari Gucci
Bernostalgia di film “Galih & Ratna”
Menjaga keharmonisan rumah tangga