Mencintai kopi lokal bersama Sagaleh

Mencintai kopi lokal bersama Sagaleh

171

Kembali di Diary Dave, baru-baru ini Dave Hendrik kedatangan seorang pecinta kopi bernama Dhydha Maryudha, yang kini sedang sibuk mengembangkan bisnis kopinya, yang memiliki konsep coffee-to-go yaitu Kopi Sagaleh.

Kopi Sagaleh didirikan oleh Dydha bersama dengan istri dan keluarganya. Bermula dari usaha rumahan, usaha kopi yang ia kembangkan baru 8 bulan kini memiliki kedai sendiri.

Dhyda membagikan cerita awal tercetusnya ide bisnis kopi ini. Awalnya, Dydha bersama istri dan keluarga memiliki inisiatif untuk membuka usaha. Memiliki kesukaan yang sama terhadap kopi, dari sanalah mereka memutuskan untuk membuka usaha kopi.

Kita sempet riset kalau kopi merupakan konsumsi terbesar kedua. Jadi semua orang butuh kopi entah dia mau mulai kerja, lagi break kerja, pasti butuh kopi,” ujar Dyhdha saat ditanya mengenai kesuksesan yang berhasil diraih.

Kopi Sagaleh ini memiliki konsep coffee-to-go. Kopi Sagaleh mencoba untuk bisa memprovide kebutuhan masyarakat perkantoran yang membutuhkan kopi. Mulanya usaha ini cukup dilakukan di rumah, namun akhirnya Dhydha memutuskan untuk membuka outlet di daerah Melawai.

Kita pengen punya engagement sama customer kita yang ingin datang langsung. Kita ingin meluaskan engagement kita,” tambah Dhydha.

Nama Sagaleh sendiri berasal dari bahasa padang yang berarti segelas, sagaleh kopi artinya segelas kopi. Sagaleh memiliki motto merakyat dan membumi. Dhydha menjelaskan, maksudnya adalah ia ingin menciptakan citra kopi susu rumahan.

Alat yang Dhydha pilih pun masih terbilang alat sederhana supaya menjaga rasa yang dihasilkan kopi agar terasa seperti kopi rumahan.

Untuk biji kopi, Dhydha memakai delapan biji nusantara yang ia blend dan dinamakan sagaleh blend. Dhydha memilih biji kopi Flores sebagai body dari kopi blend-nya. Maraknya usaha kopi berbahan biji kopi lokal tidak membuat sagaleh kehilangan ciri khasnya, Cosmoners!

Kalau mau cari kopi susu yang a lil bit strong, bisa ke Sagaleh,” tambah Dhydha.

[teks Angelita Christy, Cosmoners dari Universitas Multimedia Nusantara | foto eatandtreats.blogspot.com]

Baca juga:
9 Film box office di tahun 2017
Kate Upton and Justin Verlander are officially married!
Trailer “Fifty Shades Freed” resmi dirilis!