Menjadi orang tua yang tidak pilih kasih

Menjadi orang tua yang tidak pilih kasih

367

ParenThink (7/3) bersama Mona Ratuliu, membahas tentang bagaimana caranya agar menjadi orang tua yang tidak pilih kasih.

Memang, menjadi anak yang paling disayang rasanya enak sekali. Tapi bagaimana jika menjadi anak yang tidak disayang? Ia bisa tumbuh menjadi anak yang penuh dengan rasa iri dan juga benci lho, Cosmoners! Karena ini dapat menyebabkan konflik seumur hidup.

Apa saja faktor yang membuat orang tua menjadi pilih kasih?

1. Ada satu anak yang memang lebih menonjol, lebih pintar ataupun lebih cantik, dan mempunyai banyak kelebihan lainnya dibandingkan dengan saudaranya.

2. Karena prestasi yang dicapai lebih bagus daripada saudaranya. Jadi, kalau memang Anda mempunyai anak yang kurang berprestasi, jangan pernah dibandingkan dengan anak yang punya prestasi.

Mungkin untuk beberapa anak, kata-kata pembanding bisa jadi motivasi untuk lebih baik, tapi bisa juga malah menghancurkan hati sang anak.

Jadi, jangan mengistimewakan satu anak dengan yang lainnya, karena semua anak Anda membutuhkan arahan dan kasih sayang yang sama dari Anda.

Bagaimana caranya agar menjadi orang tua yang tidak pilih kasih?

Dengan cara memuji semua anak Anda dengan sama rata, dan jangan ada yang Anda rendahkan. Kalau memang anak Anda memiliki kekurangan dalam melakukan suatu hal, berilah dia semangat untuk terus melakukannya dengan pelan pelan sampai bisa, dan jangan dengan terang terangan memojokkan serta membandingkannya dengan yang lain.

Berikut kerugian yang ditimbulkan jika terlalu sering membandingkan anak:

1. Anak menjadi minder, terlalu rendah diri, tidak punya kepercayaan diri dan sering berdiam diri.

2. Anak menjadi pribadi yang tidak mudah bergaul, kehilangan kepercayaan diri dan cukup kesulitan bergabung dalam suatu komunitas.

3. Anak menjadi tertutup dan hanya punya sedikit teman, rendah diri serta sungkan berbagi hingga selalu memendam semua sendirian.

Lalu bagaimana jika ternyata orang sekitar Anda yang membandingkan anak Anda dengan orang lain? Misalnya orang tua atau juga saudara dekat. Bagaimana cara mengatasinya?

1. Menganalisa situasi, sebelum anda berpransangka buruk kepada orang sekitar kenapa anda anda dibanding bandingkan dengan orang lain, anda harus pelajari situasi terlebih dahulu, mungkin saja orang sekitar anda tidak berniat begitu, atau secara tidak sadar mereka melakukan hal tersebut dan bukan dengan maksud yang buruk.

2. Introspeksi diri anda terlebih dahulu sebelum menuduh orang sekitar anda, tanya dan diskusikan.

3. Berikan artikel kepada orang sekitar anda bahwa sebenarnya membanding bandingkan anak bukanlah hal yang bagus didengar oleh sang anak, ingat, komunikasi adalah kunci.

Cosmoners, yuk terus dengarkan Cosmopolitan FM di 90.4 FM, atau bisa melalui streaming di sini!

[teks Nada Inditya Lifa | foto blogspot.com]

Baca juga:
Music Box bersama Once Mekel
9 Produk kecantikan berpalet fuchsia
Aksi para fashion blogger di Paris Fashion Week 2017