Menjaga mood saat sedang hamil

Menjaga mood saat sedang hamil

226

Q: Banyak cerita bahwa saat hamil, istri seringkali moodswing berlebihan. Bagaimana sebaiknya untuk menjaga mood tetap stabil, terutama ke suami?

Cosmoners dari Jakarta

A: Masa kehamilan seorang perempuan biasanya adalah masa-masa  istimewa. Bagaimana tidak, saat itu segala perhatian suami akan tercurah pada ibu dan calon adik bayi. Sehingga tidak jarang, segala keinginan istri sebisa mungkin disanggupi oleh suami.

Nah, bukan menjadi rahasia lagi bila seorang wanita akan terlihat berbeda saat ia tengah hamil. Ada yang tadinya tidak berjerawat, eh saat hamil malah berjerawat, dan lain sebagainya. Tidak terkecuali masalah mood. Mood wanita tidak hanya saat PMS saja lho yang naik turun. Saat ia hamil juga seperti itu. Sering marah-marah, atau menangis tanpa sebab. Ini semua disebabkan karena hormon yang tidak seimbang dalam tubuhnya. Biasanya, yang sering terkena imbas moodswing ini adalah orang terdekat, alias suami.

Sekali lagi, karena pengaruh hormon, terkadang wanita hamil tidak bisa mengendalikan apa yang menjadi output pengaruh tersebut. Namun, agar tidak kelewat batas, sebaiknya lakukan beberapa tips berikut:

  1. Banyak bersyukur

Apa yang dirasakan ibu, biasanya juga dirasakan calon adik bayi di dalam perut. Kalau ibu marah-marah, bayi dalam kandungan ibu pun akan merasakan imbasnya. Jadi sebaiknya, tanamkan hal positif dalam pikiran ibu. Misalnya, kesal karena suami pulang malam. Coba berpikir, “suami pulang malam mungkin karena lembur untuk menambah biaya persalinan”, atau hal lainnya.

  1. Jalan pagi

Udara pagi biasanya akan menyegarkan pikiran kita. Usahakan untuk bangun pagi kemudian dilanjutkan dengan berjalan-jalan di sekitar komplek sekitar pukul setengah enam. Syukur-syukur kalau suami bisa menemani.

  1. Perbanyak menonton komedi

Menonton komedi akan membantu ibu untuk tertawa hingga bisa mengurangi pikiran negatif.

 

Cosmoners punya pertanyaan seputar pernikahan, keluarga, dan relationship? Kirim saja pertanyaan ke email digital@mramedia.com dengan Subject: Ask Diany Pranata.

Diany Pranata lahir di kota sejuk Bandung dan dibesarkan di Jakarta, 2 November 1970 ini. Sejak sepuluh tahun terakhir nama Diany, demikian panggilan akrabnya, seakan menyatu dengan bidang yang penuh ‘romantisme cinta’ yakni pernikahan. Profile lengkap klik di sini!

[foto mommiesdaily.com]

Baca juga:
Kate Moss bintangi kampanye iklan Miu Miu
Tips rumah tangga bahagia untuk pasangan muda
Cantiknya! Nike keluarkan Sneakers Cinderella