Menurut dokter gigi selebriti, begini cara memutihkan gigi

Menurut dokter gigi selebriti, begini cara memutihkan gigi

126

Dr. Richard Marques menjelaskan beragam hal penting dalam pemutihan gigi profesional di klinik maupun di rumah.

Baik Anda mengidamkan senyuman klasik Hollywood, atau tampilan Love Island, mendapatkan gigi putih membutuhkan komitmen. Sementara high street memasok lebih banyak dan lebih cepat alat-alat pemutih gigi, opsi paling efektif dan aman tetap berada di jalan profesional, perawatan laser di klinik serta penggunaan gel kelas dental di rumah.

Berikut adalah pilihan menurut dokter gigi selebriti Dr. Richard Marques dari Wimpole Street Dental, yang mengungkapkan pada Bazaar mengenai prosesnya, termasuk efek samping dan bagaimana membuat hasilnya bertahan. Tetap baca untuk semua hal yang perlu diketahui tentang mendapatkan serta menjaga gigi putih.

Ada perbedaan besar antara pemutihan gigi profesional dan di rumah, namun hasil terbaik menggabungkan keduanya…

Pemutihan gigi laser di klinik hanya merawat permukaan gigi, sehingga dapat memberikan hasil yang baik namun tidak tahan lama. Pemutihan di rumah dengan gel kelas dental dan tray saja akan memutihkan bagian dalam gigi, tetapi tidak permukaannya.

Jadi, saat mengombinasikan laser profesional di klinik dengan top-up tray dapat memutihkan bagian dalam serta permukaan gigi. Ini memberikan hasil luar biasa dan tahan lama yang lebih merata pada setiap gigi.

“Perlengkapan pemutih gigi di rumah dari apotek misalnya, atau dibeli secara online tidak akan berfungsi dengan cara yang sama serta penggunaan whitening strips akan merusak gigi atau resiko menelan peroksida dan bahan kimia lainnya.”

Gigi setiap orang merespons perawatan pemutih dengan berbeda.

“Ini karena ketebalan email. Pemutihan gigi hanya benar-benar memutihkan email (itu tidak akan memutihkan akar gigi) dan gigi dengan email membutuhkan lebih banyak waktu untuk memutih. Juga, tambalan, crowns, bridges, serta implan tidak akan memutih. Hal-hal ini mungkin perlu diubah setelah proses pemutihan untuk menyamakan warna baru gigi.”

Waktu yang dibutuhkan tergantung pada hasil yang diinginkan.

“Pemutihan gigi laser dapat dilakukan selama satu jam (dengan minimal 3 hari dengan top-up tray di rumah, selama 30 menit setiap hari). Beberapa pasien menggunakan trays selama tujuh hingga 14 hari apabila mereka menginginkan gigi yang sangat putih.”

Banyak klien saya meminta ‘Chelsea smile’.

“’Chelsea smile’ menggambarkan tren pemutihan gigi populer di area London Barat dan mereka yang tinggal di sana (dan menonton acara seperti Made in Chelsea). Ini merupakan warna yang lebih alami untuk gigi yang masih putih namun menjaga karakter gigi dan dengan tampilan chic layaknya banyak wanita/pria Chelsea.

“Saya menemukan orang Amerika menyukai gigi mereka lebih putih (terutama apabila mereka berasal dari LA dikarenakan pengaruh Hollywood). Namun, saya juga menemukan beberapa pasien menginginkan gigi putih bercahaya (seperti yang dipopulerkan oleh acara seperti The Only Way Is Essex dan Love Island).”

Berhati-hatilah untuk tidak berlebihan, kecuali Anda menginginkan tampilan pemutih yang lebih terlihat.

“Kami sering menyediakan panduan di rumah sehingga Anda dapat mengukur dan mengawasi pemutih gigi untuk melihat perkembangannya. Juga teman dan keluarga Anda dapat membantu memberi saran. Anda juga dapat mengirim kami foto melalui e-mail, pesan, atau WhatsApp dan kami dapat menyamakan warnanya dengan panduan di klinik.”

Anda harus menghindari makanan berpigmentasi selama perawatan.

“Saat memutihkan gigi (dan 48 jam setelahnya) Anda harus makan makanan lebih putih karena ini adalah saat pori-pori gigi paling terbuka. Pilihannya antara lain ayam, nasi, serta ikan, dan apabila Anda vegetarian, buncis, kembang kol, serta seledri adalah opsi yang baik.

Anda juga dapat makan makanan berwarna krem seperti roti, pasta, dan kentang. Smoothie atau jus harus diminum dengan sedotan. Wine putih atau spirit berwarna jernih, serta teh susu dan kopi dapat diminum, namun hindari wine merah dan merokok, serta takeaways dengan pewarna makanan artifisial.

“Setelah pemutihan gigi di klinik dan rumah selesai, Anda dapat kembali makan makanan biasanya (namun merokok tetap harus dihindari dan temui dokter Anda setidaknya selama enam bulan untuk check-up dan pembersihan rutin).”

Saat melakukan perawatan, Anda akan mengalami efek samping.

“Kesensitifan gigi adalah hal yang mungkin tetapi hanya berlangsung sementara, jadi lama-lama akan hilang. Pasta gigi sensitif (seperti Sensodyne atau Colgate Pro-Sensitive) dapat membantu mengurangi kesensitifan.

“Beberapa pemutihan atau rasa sakit dari gusi juga dapat terjadi selama proses ini, tetapi hal itu normal dan bukan sesuatu yang harus dikhawatirkan karena akan mereda.

“Selama proses di rumah, penting untuk tidak menaruh terlalu banyak gel pada trays dan menyeka yang berlebih dari gusi karena akan menyebabkan iritasi jika tidak dibuang. Gunakan satu sendok teh garam dalam secangkir air hangat sebanyak tiga hingga empat kali sehari.”

Kami sarankan Anda menggunakan pasta gigi profesional.

“Pasta gigi baik lainnya adalah dari rangkaian RM keluaran dari Dr. Richard Marques, pasta pemutih bahan alami dengan perlindungan sensitivitas yang tersedia dalam varian peppermint dan stroberi. Keduanya sangat baik dan akan mempertahankan serta meningkatkan pemutihan gigi (dan mengurangi kesensitifan).”

Hasilnya bisa bertahan hingga lima tahun.

“Untuk hasil tahan lama, coba makan makanan lebih putih secara umum dan minum minuman berwarna melalui sedotan. “Pastikan Anda menemui dokter gigi dan ahli kebersihan selama enam bulan untuk check-up dan pembersihan. Beberapa orang pergi setiap tiga bulan jika mereka minum banyak wine merah sebagai contoh.

“Dokter gigi Anda dapat menyarankan untuk melakukan top-up pemutihan gigi menggunakan trays setiap saat (karena masih akan cocok), dan dapat menjual gel yang lebih profesional.”

Jika tidak puas dengan hasil, Anda harus…

“Memberi tahu dokter Anda. Mereka mungkin dapat menawarkan beberapa alternatif gel pemutih (dari merek lain) yang dapat bekerja lebih baik pada gigi Anda. “Anda juga dapat mempertimbangkan veneers apabila memiliki gigi yang sangat gelap atau memakai enamel dan terdapat beberapa perawatan baru seperti ikon DMG yang tersedia untuk bercak putih pada gigi.

“Secara keseluruhan, pemutihan gigi profesional merupakan perawatan baik dan 95% pasien sangat senang dengan hasilnya serta menganggapnya sebagai investasi terbaik bagi senyum mereka.”

(Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Shanara Andari; Foto: Dok. Bazaar US)

Sumber Harpers Bazaar Indonesia