Menurut penelitian, ini alasan mengapa bayi menendang saat dalam kandungan

Menurut penelitian, ini alasan mengapa bayi menendang saat dalam kandungan

218

Ketika sedang hamil, akan ada satu kondisi di mana bayi melakukan tendangan. Ini menjadi satu hal yang mengejutkan, baik untuk sang calon ibu juga ayahnya. Lalu sebenarnya, mengapa Si Kecil melakukan tendangan tersebut?

Dr. Niamh Nowlan, seorang bioengineer di Imperial College London, Inggris, melakukan penelitian mengenai hal tersebut. Kepada Live Science, ia mengatakan bahwa gerakan ini pada awalnya hanya refleks saja. Seiring pertumbuhan janin, otak pun mulai mengendalikan pergerakan tersebut.

Menurut hasil penelitiannya, Nowlan mengatakan bahwa pergerakan ini penting terjadi di dalam rahim. “Bayi perlu bergerak di dalam rahim agar sehat setelah lahir, terutama untuk tulang dan sendi mereka,” katanya.

Sebab dalam kasus di mana janin yang tidak banyak bergerak, dapat menyebabkan berbagai gangguan bawaan, seperti sendi yang diperpendek dan tulang tipis yang rentan terhadap fraktur. Maka, pergerakan bayi dalam kandungan ini menjadi penting untuk diperhatikan.

Gerak tendangan atau pukulan ini lebih sering dilakukan oleh bayi laki-laki dibandingkan perempuan, menurut penelitian tersebut.

Sang ibu pun baru bisa merasakannya saat usia kandungan memasuki 24-34 minggu. Namun sebenarnya, tidak semua wanita yang sedang hamil merasakan tendangan atau pergerakan bayi ini. Hal ini disebabkan karena otot rahim dari calon ibu yang merasakan gerakan ini lebih terlatih atau lebar setelah kehamilan pertama dibandingkan wanita lain.

Selain menendang, bayi juga sebenarnya melakukan gerakan lain. Seperti bernapas, cegukan, meninju, membuka dan menutup mulut, menggerakkan kepala hingga mengisap jempolnya. Namun gerakan ini mungkin tidak terasa karena termasuk gerakan sederhana.

Nah, jadi sekarang Moms sudah tahu kan Si Kecil melakukan apa saja di dalam rahim? Untuk itu, penting bagi Anda melakukan gerakan tubuh juga untuk memaksimalkan pergerakan bayi tersebut. Selamat menikmati sensasi tendangan Si Kecil! (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

Sumber Mother and Baby Indonesia

Share it