Pengaturan finansial antar suami istri

Pengaturan finansial antar suami istri

646

1. Banyak istri yang sering belanja diam-diam dari suami, agar tidak dibilang boros. Bahkan kadang ada yang memakai jatah uang rumah untuk belanja pribadi. Bagaimana menyikapi masalah ini?

2. Ada frasa “duit suami itu duit istri, tapi duit istri ya duit istri”. Apakah memang seharusnya seperti itu, atau bagaimana ya?

Cosmoners dari Jakarta

Pada intinya :

1. Suami istri harus terbuka soal keuangan. Tidak ada itu “duit suami itu duit istri tapi duit istri ya duit istri” yang ada adalah : duit bersama dan dua belah pihak harus tahu jumlah total yg sebenar- benarnya.

2. Setiap manusia membutuhkan ruang gerak/ ruang untuk bernafas/ privacy. Maka buatlah kesepakatan sejak awal berapa dari total gaji/ pendapatan yang akan diambil oleh istri pribadi dan oleh suami pribadi.

Misalnya : total pendapatan suami dan istri Rp. 20 Juta. Suami ambil Rp.1 Juta untuk dirinya, istripun ambil Rp. 1 juta untuk dirinya. Rp 18 Juta itu yg baru dibagi- bagi untuk kebutuhan rumah tangga. Tapi jumlah ini harus menjadi kesepakatan bersama.

Kalau sudah sepakat, maka baik istri/ suami jangan menanyakan lagi untuk apa yg Rp. 1 Juta itu. Itu adalah bagian dari privacy masing- masing. Jadi istri juga tidak perlu belanja diam- diam atau bahkan memakai jatah uang rumah.

Kalau kalian tanya: kenapa harus ada uang privacy sih? Jawaban saya ya itu tadi : setiap orang butuh privacy mungkin suami atau istri mau membantu orang tua masing- masing atau yang paling menyenangkan adalah saat ingin memberi surprise ke pasangan.

Coba bayangkan kalau tidak ada uang itu, maka mau memberi surprise, bilang dulu : “pa/ ma, saya ambil sekian Rp. ya.. kan mau kasih kado ultah surprise buat kamu”  ya tidak jadi surprise dong namanya.

 

Cosmoners punya pertanyaan seputar pernikahan, keluarga, dan relationship? Kirim saja pertanyaan ke email digital@mramedia.com dengan Subject: Ask Diany Pranata.

Diany Pranata lahir di kota sejuk Bandung dan dibesarkan di Jakarta, 2 November 1970 ini. Sejak sepuluh tahun terakhir nama Diany, demikian panggilan akrabnya, seakan menyatu dengan bidang yang penuh ‘romantisme cinta’ yakni pernikahan. Profile lengkap klik di sini!

[foto: specialfinanceaccelerated.com]

Baca juga:
Kate Moss bintangi kampanye iklan Miu Miu
Tips rumah tangga bahagia untuk pasangan muda
Cantiknya! Nike keluarkan Sneakers Cinderella