Pengeluaran lebaran melebihi anggaran, ini cara membenahinya

Pengeluaran lebaran melebihi anggaran, ini cara membenahinya

144

Saat merayakan lebaran, mungkin saja pengeluaran bulanan Anda melebihi anggaran yang sudah diperkirakan. Penyebabnya boleh jadi karena banyaknya hal tak terduga yang harus dipenuhi saat hari raya. Untuk itu, M&B memberikan cara membenahi keuangan pasca lebaran:

1. Evalusi Anggaran

Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah meninjau kembali pengeluaran yang sudah dilakukan selama lebaran. Setelah mengetahui jumlah pengeluaran sebelumnya, Anda bisa mulai menghitung anggaran yang mungkin bisa dipotong untuk bulan berikutnya.

2. Mengurangi Pengeluaran

Salah satu cara menjaga anggaran tetap aman adalah dengan mengurangi pengeluaran harian. Anda bisa membawa bekal untuk makan siang di tempat kerja. Bisa juga dengan mengurangi frekuensi datang ke cafe atau belanja sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan.

3. Kembali Menabung

Setelah menghitung pengeluaran, jangan lupa menyisakan untuk ditabung kembali. Tabungan ini bisa Anda gunakan kembali untuk dana darurat yang sudah dihabiskan selama lebaran. Siapkan juga dana untuk membayar cicilan atau kredit yang sudah dikeluarkan ya! (Vonia Lucky/SW/Dok. Freepik)

Sumber Mother and Baby Indonesia