Rilis video klip, Coldplay dianggap menghina budaya India

Rilis video klip, Coldplay dianggap menghina budaya India

5425

Aduh, seperti Coldplay lagi dirundung masalah nih, Cosmoners! Ada apa ya?

Setelah Kamis (29/1), Coldplay merilis musik video terbarunya untuk single “Hymn for the Weekend”, ternyata banyak komentar kurang baik yang datang lho. Komentar tersebut berasal dari warga negara India.

Pasalnya, dalam video klip tersebut, Coldplay yang juga menggandeng Beyonce, mengambil beberapa lokasi di India khususnya Mumbai untuk video single dari album ketujuh “A Head Full of Dreams” yang dirilis Desember 2015 lalu.

Beberapa adegan di video tersebut menggambarkan suasana sehari-hari kota Mumbai. Seperti anak-anak yang bermain bubuk warna layaknya festival Holi, juga seorang pria yang sedang meditasi.

Tak hanya itu, video yang disutradarai Ben Mor ini juga menampilkan Beyonce yang mengenakan Sari, pakaian tradisional wanita India.

Adegan tersebut menuai beberapa kritik. Salah satu kritik datang dari akun twitter (@chaandaniya) mengatakan bahwa Beyonce yang mengenakan Sari tersebut tidak menggambarkan kecantikan wanita India sesungguhnya.

Komentar serupa juga datang dari akun Twitter (@trashliya) yang mengatakan bahwa Beyonce tidak sedang berperan menjadi seorang wanita India, namun hanya berperan sebagai seorang kulit putih yang memerankan kulit hitam, atau memerankan karakter orang Asia pada umumnya.

Penasaran seperti apa video klipnya? Yuk langsung saja lihat video “Hymn for the Weekend” berikut ini! 

[teks: Della Hermawan | foto: diymag.com]